ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA DALAM QUANTUM LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Bahrul Ulum, 0401515029 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA DALAM QUANTUM LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA DALAM QUANTUM LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ulum, Bahrul. 2019. “Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa dalam Quantum Learning Menggunakan Pendekatan Kontekstual”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Isti Hidayah, M.Pd., Pembimbing II Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd.. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Gaya Kognitif, Model Quantum Learning Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Isu aktual yang berkembang dalam pendidikan saat ini adalah rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Hal ini ditunjukkan oleh lemahnya siswa Indonesia dalam menyelesaikan soal-soal yang difokuskan pada literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pembelajaran model quantum learning menggunakan pendekatan kontekstual dan menganalisis bagaimana profil kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif dalam pembelajaran matematika dengan model quantum learning menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixed methods) dengan tipe strategi embedded konkuren. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam A Yani Batang dengan sampel 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian kualitiatif diambil dari kelas eksperimen dari hasil tes GEFT yang terdiri atas empat orang, yang masing-masing mewakili gaya kognitif tipe field independent kuat, field independent lemah, field dependent kuat, field dependent lemah. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan nontes, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t (satu sample dan independent). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas pembelajaran dengan model quantum learning menggunakan pendekatan kontekstual berkategori baik yang ditunjukkan dengan: (1) pada tahap perencanaan, perangkat pembelajaran yang telah disusun valid, (2) pada tahap pelaksanaan, keterlaksanaan pembelajaran berkategori baik dan mendapatkan respons positif dari siswa, serta (3) pada tahap evaluasi, telah memenuhi uji keefektifan. Selain itu, siswa dengan gaya kognitif tipe field independent kuat sudah mampu mencapai ketujuh aspek kemampuan literasi matematika, sedangkan siswa dengan field independent lemah, field dependent kuat dan lemah belum mampu mencapai ketujuh aspek kemampuan literasi matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model quantum learning menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, dan siswa yang semakin kuat gaya kognitifnya semakin baik pula kemampuan literasi matematikanya dibandingkan dengan siswa dengan gaya kognitif lemah, untuk itu kami berharap model pembelajaran ini untuk lebih diperhatikan dan diterapkan, dengan harapan pendidikan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Gaya Kognitif, Model Quantum Learning Menggunakan Pendekatan Kontekstual. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 07:44 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 07:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41001 |
Actions (login required)
View Item |