KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM SISWA PADA PEMBELAJARAN MiC BERNUANSA BUDAYA JEPARA


Beti Riawati, 0401516041 (2019) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM SISWA PADA PEMBELAJARAN MiC BERNUANSA BUDAYA JEPARA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM SISWA PADA PEMBELAJARAN MiC BERNUANSA BUDAYA JEPARA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM SISWA PADA PEMBELAJARAN MiC BERNUANSA BUDAYA JEPARA) - Submitted Version
Download (939kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Riawati, Beti. 2019. Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Esteem Siswa pada Pembelajaran MiC Bernuansa Budaya Jepara. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Dr. Nur Karomah Dwidayati, M.Si., Pembimbing II. Dr. Isnaini Rosyida, S.Si, M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Esteem, MiC, Budaya Jepara. Kemampuan komunikasi matematis merupakan syarat untuk memecahkan masalah dan self-esteem merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai prestasi. Kemampuan komunikasi matematis dan self-esteem yang baik dapat membantu siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kualitas pembelajaran MiC bernuansa budaya Jepara dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (2) mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-esteem pada pembelajaran MiC bernuansa budaya Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods model concurrent embedded. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA N 1 Pecangaan, Jepara. Subyek penelitian ditentukan berdasarkan kategori self-esteem rendah dan self- esteem tinggi. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pembelajaran MiC bernuansa budaya Jepara berkualitas secara kualitatif dan kuantitatif, (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa self-esteem rendah mampu menggambarkan ide-ide matematis dalam bentuk visual dengan baik. Kemampuan komunikasi matematis siswa self-esteem tinggi mampu menggambarkan ide-ide matematis dalam bentuk visual, mampu menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika, mampu memahami dan mengevaluasi ide-ide matematis dalam menyelesaikan permasalahan secara tertulis, dan mampu mengkomunikasikan kesimpulan jawaban dari permasalahan sesuai dengan pertanyaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Esteem, MiC, Budaya Jepara.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:24
Last Modified: 04 Nov 2020 07:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40991

Actions (login required)

View Item View Item