PENGEMBANGAN BAHAN AJAR “EFEK NEGATIF ROKOK ELEKTRIK” SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA
Susi Erlianti, 0402518008 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR “EFEK NEGATIF ROKOK ELEKTRIK” SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR “EFEK NEGATIF ROKOK ELEKTRIK” SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA)
- Submitted Version
Download (761kB) | Preview |
Abstract
Erlianti, Susi. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar “Efek Negatif Rokok Elektrik “ sebagai Sumber Belajar Siswa SMA”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1 Dr. Lisdiana, M.Si., Pembimbing II Prof. Dr. Priyantini Widiyaningrum, M.S. Kata Kunci: bahan ajar, rokok elektrik, sumber belajar. Penggunaan rokok elektrik di Indonesia semakin banyak peminatnya. Namun, seiring dengan meningkatnya popularitas rokok elektrik, justru akan memicu peningkatkan populasi jumlah perokok terutama di kalangan remaja. Kurangnya kesadaran dan terbatasnya informasi mengenai bahaya rokok elektrik di kalangan remaja khususnya siswa SMA, membuat mereka beranggapan bahwa rokok elektrik merupakan alternatif aman untuk mengurangi kebiasaan merokok. Hal ini dapat disiasati melalui pengembangan bahan ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Perancangan bahan ajar yang baik dapat dijadikan titik awal dalam upaya perbaikan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tentang efek negatif rokok elektrik sebagai sumber belajar siswa SMA serta menganalisis validitas, keterbacaan, dan tanggapan guru. Penelitian pengembangan ini mengikuti alur dari Thiagarajan et al., (1974) yaitu 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek dari penelitian yang dilakukan meliputi ahli materi & ahli media, siswa kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 SMAN 12 Semarang, dan guru yang tergabung dalam forum workshop MGMP Biologi SMA Kabupaten Rembang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri atas data validitas bahan ajar melalui angket validasi materi dan angket validasi media, data keterbacaan bahan ajar melalui angket tanggapan siswa dan soal rumpang, serta data penilaian guru terhadap bahan ajar melalui angket tanggapan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validasi ahli materi dan ahli media berturut-turut 83% dan 97,7% dengan kriteria sangat valid. Analisis keterbacaan bahan ajar dari tanggapan siswa dan uji rumpang, berturut-turut diperoleh rata-rata skor 86,2% dan 84% dengan kriteria sangat baik dan independen. Analisis tanggapan guru terhadap bahan ajar pada forum workshop MGMP Biologi SMA Kabupaten Rembang diperoleh rata-rata skor 83,7% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tentang efek negatif rokok elektrik telah valid, memiliki keterbacaan yang baik, dan dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa SMA. Bahan ajar diharapkan dapat menambah wawasan & pengetahuan tentang dampak negatif paparan rokok elektrik serta memberikan kontribusi yang lebih baik dalam perbaikan kualitas sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: bahan ajar, rokok elektrik, sumber belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Smoker L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials L Education > Special Education > Biology Education L Education > Special Education > Education of Natural Science |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 07:16 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 07:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40987 |
Actions (login required)
View Item |