LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN VISUAL-SPATIAL INTELLIGENCE SISWA KELAS VII PADA DISCOVERY LEARNING DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT


Nisa’ul Lathifatul Khoir, 0401516002 (2018) LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN VISUAL-SPATIAL INTELLIGENCE SISWA KELAS VII PADA DISCOVERY LEARNING DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN VISUAL-SPATIAL INTELLIGENCE SISWA KELAS VII PADA DISCOVERY LEARNING DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT]
Preview
PDF (LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN VISUAL-SPATIAL INTELLIGENCE SISWA KELAS VII PADA DISCOVERY LEARNING DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT) - Submitted Version
Download (704kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Khoir, N. L. 2018. “Literasi Matematika berdasarkan Visual-Spatial Intelligence Siswa Kelas VII pada Discovery Learning dengan Performance Assessment”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Masrukan, M.Si., Pembimbing II Prof. Dr. Wiyanto, M.Si. Kata kunci : Literasi Matematika, Visual-Spatial Intelligence, Discovery Learning, Performance Assessment. Literasi matematika berperan dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat untuk menghadapi abad 21. Terdapat faktor-faktor yang mendukung literasi matematika, salah satunya adalah optimalisasi visual-spatial intelligence. Upaya yang mendukung peningkatan literasi matematika berdasarkan visual- spatial intelligence siswa adalah menggunakan model discovery learning dengan performance assessment. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis keefektifan model discovery learning dengan performance assessment terhadap literasi matematika siswa dan menganalisis literasi matematika siswa berdasarkan visual-spatial intelligence. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method dengan desain embedded konkuren. Dalam desain pencampuran (mixing) dua data ini akan menggunakan metode kuantitatif sebagai metode primernya. Desain penelitian kuantitatif yang digunakan adalah quasi experimental design tipe nonrandomized control group, pretest-postest design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP An Nur Ungaran. Pada tahap awal dilakukan pengelompokan siswa pada kelas eksperimen berdasarkan visual-spatial intelligence dengan menggunakan tes visual-spatial intelligence. Berdasarkan hasil tes visual-spatial intelligence dipilih sekitar 20% dari jumlah siswa tersebut yang mewakili tiap kategori visual- spatial intelligence untuk dianalisis literasi matematikanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi matematika pada discovery learning dengan performance assessment tuntas. Literasi matematika siswa pada discovery learning dengan performance assessment lebih baik dari literasi siswa pada discovery learning. Siswa dengan visual-spatial intelligence tinggi dapat mencapai semua indikator literasi matematika meskipun beberapa indikator literasi matematika terdapat kesalahan yang tidak signifikan. Siswa dengan visual- spatial intelligence sedang pada tiap indikator literasi matematika terdapat kesalahan yang signifikan. Pada penelitian ini, materi yang diujikan berkaitan dengan konten shape & space, sehingga keterkaitan dengan siswa yang visual-spatial intelligence tinggi relevan. Meski demikian, siswa yang visual-spatial intelligence tinggi terkendala dalam materi aljabar. Sebaiknya, pada penelitian selanjutnya dapat menggunakan materi selain konten shape & space.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Literasi Matematika, Visual-Spatial Intelligence, Discovery Learning, Performance Assessment.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:49
Last Modified: 04 Nov 2020 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40954

Actions (login required)

View Item View Item