KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ALJABARIS METAGLOBAL DAN BENTUK SCAFFOLDING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
Arief Agoestanto, 0401614007 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ALJABARIS METAGLOBAL DAN BENTUK SCAFFOLDING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ALJABARIS METAGLOBAL DAN BENTUK SCAFFOLDING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA)
- Submitted Version
Download (953kB) | Preview |
Abstract
Agoestanto, Arief. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Aljabaris Metaglobal dan Bentuk Scaffolding pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Disertasi, Program Studi S3 Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Promotor Prof. Dr. YL Sukestiyarno, M.S., Kopromotor Dr. Isnarto, M.Si., Anggota Promotor Dr. Rochmad, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Aljabaris Metaglobal, Scaffolding. Banyak pakar telah meneliti berpikir kritis dan berpikir aljabar khususnya aljabar metaglobal. Namun masih jarang penelitian yang meneliti penggabungan keduanya yakni berpikir kritis aljabaris metaglobal dan bentuk scaffoldingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tingkatan kemampuan berpikir kritis aljabaris metaglobal mahasiswa yang valid dan reliabel, serta memperoleh bentuk scaffolding yang perlu diberikan kepada mahasiswa agar kemampuan berpikir kritis aljabaris metaglobal meningkat. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dan eksploratif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang yang mengambil mata kuliah Pengantar Dasar Matematika tahun perkuliahan 2018/2019, sebanyak lima belas mahasiswa dengan setiap tingkat kemampuan berpikir sebanyak tiga mahasiswa. Hasil penelitian terdapat 5 tingkat berpikir kritis aljabaris metaglobal (TKBKAM) dengan karakteristik sebagai berikut, (1) tingkat kemampuan berpikir kritis aljabaris metaglobal 4 mempunyai karakteristik mampu menafsirkan informasi, menganalisis argumen, menarik simpulan, dan mengevaluasi argumen pada masalah aljabar mencari solusi dan masalah pembuktian, (2) tingkat kemampuan berpikir kritis aljabaris metaglobal 3 mempunyai karakteristik mampu menafsirkan informasi, menganalisis argumen, dan menarik simpulan, tetapi tidak mampu mengevaluasi argumen pada masalah aljabar mencari solusi dan masalah pembuktian, (3) tingkat kemampuan berpikir kritis aljabaris metaglobal 2 mempunyai karakteristik mampu menafsirkan informasi, menganalisis argumen, menarik simpulan, dan mengevaluasi argumen pada masalah aljabar mencari solusi saja, (4) tingkat kemampuan berpikir kritis aljabaris metaglobal 1 mempunyai karakteristik mampu menafsirkan informasi, tetapi tidak mampu menganalisis argumen, menarik simpulan, dan mengevaluasi argumen pada masalah aljabar mencari solusi dan masalah pembuktian, dan (5) tingkat kemampuan berpikir kritis aljabaris metaglobal 0 mempunyai karakteristik tidak mampu menafsirkan informasi, menganalisis argumen, menarik simpulan, dan mengevaluasi argumen pada masalah aljabar mencari solusi dan masalah pembuktian. Adapun bentuk scaffolding diberikan untuk mengatasi hambatan yang dialami subjek TKBKAM 3 adalah jenis memberi penjelasan. Bentuk scaffolding subjek TKBKAM 2, 1, 0 memberi petunjuk kunci, mengundang partisipasi mahasiswa, dan memberi penjelasan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Aljabaris Metaglobal, Scaffolding. |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S3 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 04:42 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 04:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40951 |
Actions (login required)
View Item |