KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PETA DAN CITRA INDERAJA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFIDI SMA N 1 BAE KUDUS


Rudy Saputro, 0302517009 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PETA DAN CITRA INDERAJA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFIDI SMA N 1 BAE KUDUS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PETA DAN CITRA INDERAJA  PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA N 1 BAE KUDUS]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PETA DAN CITRA INDERAJA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA N 1 BAE KUDUS) - Submitted Version
Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Saputro, Rudy. (2020). Kemampuan Berpikir Spasial Menggunakan Peta dan Citra Inderaja Pada Pembelajaran Geografi di SMA 1 Bae Kudus. Tesis, Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang.Pembimbing I Prof. Dr. Dewi Liesnoor Setyowati, M.Si. Pembimbing II Dr.Puji Hardati, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran Geografi, Berpikir Spasial, Peta, Citra Inderaja. Berpikir spasial merupakan penciri utama dalam pembelajaran geografi di sekolah. Kemampuan berpikir spasial peserta didik masih rendah dikarenakan kurang terlatih mengerjakan soal-soal yang mengasah kemampuan spasial. Tes berpikir spasial pada peta dan citra yang ada belum fokus menyertakan aspek geografis. Peta dan citra penginderaan jauh dapat diintegrasikan pada keseluruhan materi dalam tes kemampuan berpikir spasial. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan berpikir spasial peserta didik menggunakan peta dan citra penginderaan jauh di SMA 1 Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan desain pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan tabel taraf kesalahan 5% dari kelas X, XI dan XII ilmu-ilmu sosial yang keseluruhannya berjumlah 186 peserta didik. Teknik analisis instrumen tes dalam penelitian ini meliputi validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil dari tes, wawancara dan observasi. Uji yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji ketuntasan rata-rata hasil dari peta dan citra dengan nilai ketuntasan 70 selanjutnya dideskripsikan. Hasil penelitian kemampuan berpikir spasial menunjukkan: a) penggunaan peta, pencapaian nilai rata-rata kelas X paling rendah dan kelas XII dalam kategori tinggi, presentase ketuntasan pada aspek keterampilan lebih tinggi dibandingan aspek pengetahuan yaitu 51%; b) pada citra, nilai rata-rata kelas XII lebih tinggi dibandingkan kelas XI dan XII, presentase ketuntasan pada aspek keterampilan lebih tinggi dibandingan aspek pengetahuan yaitu 47%; c) nilai rata-rata ketuntasan peta dan citra secara keseluruhan masih belum optimal dikarenakan masih ragu-ragu dalam menuliskan ide-ide spasialnya, pengukuran hasil belajar berkaitan dengan berpikir spasial masih jarang diimplementasikan, penguasaan wilayah-wilayah di Indonesia yang masih rendah dalam menggunakan peta, dan penginderaan jauh merupakan materi baru di jenjang SMA. Simpulan penelitian ini adalah belum optimalnya kemampuan spasial peserta didik secara keseluruhan, sehingga dapat dijadikan sebagai rujukan awal untuk penyusunan bahan ajar, evaluasi pembelajaran dan peningkatan ketersediaan sarana prasarana pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial peserta didik menggunakan peta dan citra dalam geografi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Geografi, Berpikir Spasial, Peta, Citra Inderaja.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Geografi, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:57
Last Modified: 04 Nov 2020 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40928

Actions (login required)

View Item View Item