PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM BERBASIS E-LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
RIYANTI, 0103518100 (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM BERBASIS E-LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM BERBASIS E-LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA)
- Submitted Version
Download (15MB) | Preview |
Abstract
Riyanti. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Endang Susilaningsih, M.S., Pembimbing II Drs. Ngurah Made Darma Putra, M.Si., Ph.D. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), STEM, E-Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif. Perangkat pembelajaran suatu alat yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan belajar. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa masih kurangnya pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran project based learning terintegrasi STEM berbasis e-learning untuk peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang teruji kelayakan, keefektifan dan respon guru. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) model pengembangan sugiyono (2019) dengan beberapa tahapan yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, desain perangkat pembelajaran project-based learning terintegrasi STEM berbasis e-learning berupa silabus, RPP, bahan ajar, evaluasi soal berbasis e-learning, validasi desain, revisi desain, uji coba pemakaian yaitu di SD Negeri 2 Pangkalan tahun ajaran 2019/2020, revisi produk, uji coba skala besar di SD Negeri 3 Panembahan tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian sebanyak 58 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan lembar wawancara, tes dan angket. Teknik analisis data kuantitatif dengan statistika parametrik uji ketuntasan rata rata menggunakan perhitungan spss one sampel t-test, uji proporsi Z, uji perbedaan rata-rata menggunakan paired sample t-test, uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan yaitu silabus sebesar 40 dengan skor maksimal 40 (valid), RPP sebesar 60 dengan skor maksimal 60 (valid), bahan ajar sebesar 54 dengan skor maksimal 56 (valid), soal sebesar 38 dengan skor maksimal 40 (valid). (2) perangkat pembelajaran project-based learning terintegrasi STEM berbasis e-learning efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. (3) Respon tanggapan guru diperoleh skor 97 dengan skor maksimal 100 sehingga mendapatkan respon sangat baik. Penggunaan bahan ajar project-based learning terintegrasi STEM menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), STEM, E-Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 02:54 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 02:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40926 |
Actions (login required)
View Item |