KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS PROYEK


IMA ISMIATI, 0403517010 (2020) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS PROYEK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN  FLIPPED CLASSROOM BERBASIS PROYEK]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS PROYEK) - Submitted Version
Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ismiati, I. 2020. “Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik pada Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Proyek”. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Sarwi, M.Si. dan Pembimbing II Prof. Dr. Putut Marwoto, M.Si. Kata Kunci: pemecahan masalah, keterampilan komunikasi, flipped classroom berbasis proyek. Kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi penting dan berguna bagi peserta didik selama menempuh pendidikan dan dunia kerja. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi peserta didik, mengidentifikasi hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi, serta efektivitas pembelajaran flipped classroom berbasis proyek. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 14 Semarang tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian 65 peserta didik kelas XI MIPA. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif kuasi ekperimen dengan desain one-group pretest-postest design. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis esai, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui penskoran dan uji hipotesis dilakukan melalui uji korelasi koefisien pearson, uji kesamaan rata-rata dan uji gain. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi peserta didik tergolong sedang dengan persentase rerata berturut-turut 57% dan 64%. Uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi sebesar 0,27 dengan kriteria rendah. Pembelajaran flipped classsroom berbasis proyek efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi peserta didik namun dengan kriteria rendah dengan peningkatan 0,25 % dan 0,45 %. Simpulan penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi peserta didik tergolong sedang, hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi tergolong rendah serta pembelajaran flipped classsroom berbasis proyek efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pemecahan masalah, keterampilan komunikasi, flipped classroom berbasis proyek.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:29
Last Modified: 04 Nov 2020 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40916

Actions (login required)

View Item View Item