IMPLEMENTASI METODE PENILAIAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN REVISI KURIKULUM 2013 GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN PEMALANG


AZIS HENDRO SUSILO, 0602516075 (2019) IMPLEMENTASI METODE PENILAIAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN REVISI KURIKULUM 2013 GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN PEMALANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI METODE PENILAIAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN  KESEHATAN REVISI KURIKULUM 2013  GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS  DI KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI METODE PENILAIAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN REVISI KURIKULUM 2013 GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN PEMALANG) - Submitted Version
Download (924kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Penilaian hasil belajar, kurikulum 2013, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan kurang maksimalnya metode guru SMA dalam penilaian hasil belajar PJOK revisi kurikulum 2013 sesuai dengan Permendikbud no 23 tahun 2016 yang menyangkut tentang perangkat pembelajaran,penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta kesulitan yang dihadapi pada penilaian kurikulum 2013. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perangkat pemebelajaran, penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta kesulitan yang dihadapi pada penilaian kurikulum 2013 di Pemalang. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain ethnography menggunakan jenis critical ethnography. Sumber data diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dan Snowball. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasidan analisis data dilakukan secara induktif dengan menggunakan siklus interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)Implementasi pembuatan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 yang meliputi pembuatan Silabus, rpp, program semester, program tahunan, KKM, daftar nilai, daftar hadir pembelajaran PJOK SMA Di Kabupaten Pemalang menyatakan sesuai dengan pedoman kurikulum 2013;(2). Implementasi penilaian hasil belajar kurikulum 2013 PJOK guru SMA di Kabupaten Pemalang di kategorikan sesuai pedoman kurikulum 2013;(3). Kesulitan guru PJOK terkait penilaian kurikulum 2013 yaitu (a). Pembuatan RPP terlalu rumit (b). Siswa tidak jujur pada saat melakukan penilaian antar teman, (c). Hasil penilaian tes lisan dan tertulis tidak terjadi keselarasan sehingga hasil tidak sinkron. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode guru SMA dalam penilaian kurikulum 2013 terkait perangkat pembelajaran di Pemalang berjalan dengan sesuai, implementasi metode guru SMA dalam penilaian kurikulum 2013 terkait penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan di Pemalang berjalan dengan sesuai, namun guru juga mengalami kesulitan antara lain; (a). Pembuatan RPP terlalu rumit (b). Siswa tidak jujur pada saat melakukan penilaian antar teman, (c). Hasil penilaian tes lisan dan tertulis tidak terjadi keselarasan sehingga hasil tidak sinkron. Disarankan bagi sekolah dan guru PJOK agar hasil penelitian ini dijadikan sebagai refleksi mengenai pengimplementasian penilaian kurikulum 2013 guna meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penilaian hasil belajar, kurikulum 2013, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:27
Last Modified: 27 Oct 2020 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40681

Actions (login required)

View Item View Item