PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL


Nadya Kurnia Putri, 1401416246 (2020) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD SE-GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (19MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu indikator untuk keberhasilan kegiatan belajar. Hasil belajar tematik dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya kreativitas guru dan sumber belajar. Kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran akan memengaruhi hasil belajar siswa. Sumber belajar yang digunakan siswa untuk mempelajari materi pelajaran dapat memengaruhi hasil belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian bertujuan untuk mencari mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan pengaruh kreativitas guru dan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD se-Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD se-Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi Kebupaten Tegal yang berjumlah 297 siswa. Sampel pada penelitian sebanyak 171 siswa yang ini diambil menggunakan teknik probabilty sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian di analisis. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif variabel, uji prasyarat analisis dan hipotesis. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, linieritas, multikolinieritar, dan heterokedastisitas. Uji hipotesis terdiri dari uji korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien secara bersama-sama dan koefisien determinan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa kelas V SD se-Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Pengaruh tersebut sebesar 31,8%, dengan nilai rhitung > rtabel (0,564 > 0,1501) dan thitung > ttabel (8,869 > 1,974); (2) Terdapat pengaruh yang signifikan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD se-Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Pengaruh tersebut sebesar 32,1%, dengan nilai rhitung > rtabel (0,566 > 0,1501) dan nilai thitung > ttabel (8,932 > 1,974); (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas guru dan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD se-Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Pengaruh tersebut sebesar 32,5%, dengan nilai rhitung > rtabel (0,570 > 0,1501) dan nilai Fhitung > Ftabel (40,388 > 3,049). Berdasarkan hasil peneltian tersebut, diharapkan kreativitas guru dapat semakin ditingkatkan dan siswa dapat menggunakan berbagai sumber belajar untuk mempelajari materi, sehingga hasil belajar yang diperoleh menjadi optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kreativitas Guru; Sumber Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:36
Last Modified: 23 Oct 2020 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40472

Actions (login required)

View Item View Item