ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN SYNECTICS REALISTIK BERBANTUAN SCHOOLOGY
YODIE NUR HIDAYAT, 0401517077 (2020) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN SYNECTICS REALISTIK BERBANTUAN SCHOOLOGY. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN SYNECTICS REALISTIK BERBANTUAN SCHOOLOGY)
- Submitted Version
Download (988kB) | Preview |
Abstract
Hidayat, Y. N. 2019. “Analisis Literasi Matematika Ditinjau Dari Metakognisi Siswa Dalam Pembelajaran Synectics Realistik Berbantuan Schoology”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarranag. Pembimbing I Dr. Wardono, M.Si., Pembimbing II Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd. Kata Kunci: literasi matematika, metakognisi, pembelajaran synectics, realistik, schoology. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika ditinjau dari metakognisi siswa pada pembelajaran synectics realistik berbantuan schoology. Desain penelitian menggunakan mix method tipe concurrent embadded dengan penelitian kuantitatif sebagai primer untuk memperoleh data kuantitatif berupa kemampuan literasi matematika siswa serta data kualitatif berupa analisis Literasi Matematika (LM) ditinjau dari metakognisi. Penelitian dilaksanakan di kelas VII A dengan perlakuan pembelajaran Synectics realistik berbantuan schoology dan kelas VII H dengan perlakuan pembelajaran PBL. Subyek penelitian kualitatif sebanyak enam siswa yang diambil dari hasil angket metakognisi. Data kuantitatif diuji dengan menggunakan uji t, uji proporsi, uji gain, dan uji regresi, sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap persiapan pembelajaran dinilai berkualitas, dinyatakan dengan telah tervalidasinya perangkat dalam kategori sangat valid. Tahap pelaksanaan pembelajaran dinyatakan telah berkualitas dengan ditunjukkan dengan tingkat keterlaksanaan pembelajaran oleh guru selama 4 pertemuan dalam ketegori baik dan aktivitas siswa selama pembelajaran memiliki rata-rata baik. Hasil akhir pembelajaran dilihat dari rata-rata LM siswa dengan pembelajaran synectics realistik berbantuan schoology mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), kemampuan literasi matematika siswa dengan pembelajaran synectics realistik berbantuan schoology tuntas klasikal 75%, kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran synectics realistik berbantuan schoology lebih baik dari kemampuan literasi matematika siswa yang diajarkan dengan PBL, ketuntasan klasikal kelompok dengan pembelajaran synectics realistik berbantuan schoology lebih baik dari kelompok dengan pembelajaran PBL, peningkatan kemampuan literasi matematika siswa dengan pembelajaran synectics realistik berbantuan schoology lebih tinggi dari peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yang diajarkan PBL, dan terdapat pengaruh metakognisi terhadap LM siswa sehingga dapat dikatakan pembelajaran Synectics realistik berbantuan schoology efektif dan praktis, berdasar pada 7 siswa dengan metakognisi tinggi, diperoleh 6 siswa dengan LM tinggi dan 1 siswa dengan LM sedang. Dari 21 siswa dengan metakognisi sedang diperoleh 5 siswa dengan LM tinggi, 12 siswa dengan LM sedang dan 4 siswa dengan kemampuan LM rendah. Dari 4 siswa dengan metakognisi rendah semuanya memiliki LM rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: literasi matematika, metakognisi, pembelajaran synectics, realistik, schoology. |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 07:49 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 07:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40345 |
Actions (login required)
View Item |