ANALISIS DETERMINAN KINERJA MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SEMARANG


Sophia Tri Satyawati, 0101615013 (2019) ANALISIS DETERMINAN KINERJA MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SEMARANG. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS DETERMINAN   KINERJA MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS DETERMINAN KINERJA MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SEMARANG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sophia Tri Satyawati, 2019. Analisis Determinan Kinerja Manajerial Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Semarang. Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Promotor: Prof. Dr. Rasdi Ekosiswoyo, M.Sc, Ko-Promotor: Dr. S. Martono, M.Si, Anggota Promotor: Dr. Achmad Rifai RC, M.Pd Kata Kunci: Kepengawasan, Kepemimpinan Distributif-Relasional, Adaptabilitas Organisasi, Komitmen Organisasi, Kinerja Manajerial Tugas pokok kepala sekolah sebagai manajer menuntut kompetensi manajerial dioptimalkan untuk mencapai kinerja manajerial yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung kepengawasan, adaptabilitas organisasi, kepemimpinan distributif-relasional, dan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial kepala sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain ex post facto. Pengumpulan data melalui angket kepada 127 kepala Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Semarang dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling. Tehnik analisis data menggunakan analisis jalur dengan software SPSS 21. Hasil penelitian membuktikan: (1) ada pengaruh langsung signifikan kepengawasan dan adaptabilitas organisasi terhadap kepemimpinan distributif-relasional; (2) ada pengaruh langsung dan tidak langsung signifikan kepengawasan, adaptabilitas organisasi, dan kepemimpinan distributif-relasional terhadap komitmen organisasi; (3) ada pengaruh langsung dan tidak langsung signifikan adaptabilitas organisasi, kepemimpinan distributif relasional, dan komitmen organisasi terhadap kinerja manjerial kepala sekolah dasar di Kabupaten Semarang, kepengawasan tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja manajerial kepala sekolah dasar tetapi berpengaruh secara tidak langsung melalui kepemimpinan distributif-relasional dan komitmen organisasi. Simpulan: Semakin baik kepengawasan dan adaptabilitas organisasi akan semakin meningkatkan kepemimpinan distributif-relasional, semakin baik kepengawasan, adaptabilitas organisasi, dan kepemimpinan distributif-relasional akan semakin meningkatkan komitmen organisasi sehingga akan semakin meningkatkan kinerja manajerial kepala sekolah SD di Kabupaten Semarang. Temuan baru penelitian ini yaitu kepemimpinan distributif-relasional terbukti mampu memediasi pengaruh kepengawasan dan adaptabilitas organisasi terhadap peningkatan kinerja manajerial kepala sekolah baik secara langsung maupun tidak langsung. Saran dalam penelitian ini adalah: kinerja manajerial kepala sekolah secara efektif dan efisien dapat ditingkatkan dengan meningkatkan adaptabilitas organisasi, kepemimpinan distributif-relasional, dan komitmen organisasi, serta menindaklanjuti hasil kepengawasan manajerial.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepengawasan, Kepemimpinan Distributif-Relasional, Adaptabilitas Organisasi, Komitmen Organisasi, Kinerja Manajerial
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Education Management
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
L Education > L Education (General) > school environment
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:19
Last Modified: 21 Oct 2020 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40337

Actions (login required)

View Item View Item