KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL RALLY COACH-SCHOOLOGY DENGAN ASESMEN DIAGNOSTIK
Rizki Dian Pertiwi, 0401516065 (2019) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL RALLY COACH-SCHOOLOGY DENGAN ASESMEN DIAGNOSTIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL RALLY COACH-SCHOOLOGY DENGAN ASESMEN DIAGNOSTIK)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pertiwi, R. D. 2019. “Kemampuan Literasi Matematika dan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran Model Rally Coach-Schoology dengan Asesmen Diagnostik”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Kartono, M.Si., Pembimbing II Dr. Wardono, M.Si. Kata Kunci: Literasi Matematika, Metakognisi, Rally Coach, Schoology, Asesmen Diagnostik. Kemampuan seseorang memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari berhubungan erat dengan literasi matematika, namun kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah berdasarkan survei Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2015, sehingga perlu dikembangkan melalui pembelajaran di sekolah. Salah satu alternatifnya adalah pembelajaran model Rally Coach-Schoology dengan asesmen diagnostik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kualitas pembelajaran model Rally Coach-Schoology dengan asesmen diagnostik, (2) mendeskripsikan hasil dan tindak lanjut asesmen diagnostik, (3) menganalisis pengaruh metakognisi terhadap kemampuan literasi matematika siswa, serta (4) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari metakognisinya. Penelitian mixed methods ini menggunakan concurrent embedded design dengan metode kuantitatif sebagai metode primer. Populasinya yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Semarang, dengan sampel siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran model Rally Coach-Schoology dengan asesmen diagnostik dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan model PBL-saintifik. Subjek penelitian terdiri atas 6 siswa, yaitu 2 siswa dari masing-masing kategori metakognisi rendah, sedang dan tinggi. Data kuantitatif dianalisis secara empirik dan statistik, diantaranya dengan uji t independen, uji proporsi dan uji gain, sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Rally Coach- Schoology dengan asesmen diagnostik berkualitas dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Hasil asesmen diagnostik menunjukkan bahwa siswa metakognisi rendah dan sedang kesulitan representasi masalah dan penalaran, siswa metakognisi tinggi terkadang kurang teliti pada pemecahan masalah, serta ditindaklanjuti dengan tutor sebaya dan penugasan. Metakognisi mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa sebesar 66,1%. Siswa metakognisi rendah hanya menguasai komponen using mathematical tools dengan kurang maksimal, siswa metakognisi sedang menguasai komponen communication, representation dan using mathematical tools, sedangkan siswa metakognisi tinggi menguasai komponen communication, mathematising, representation, reasoning and argument dan using mathematical tools.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Literasi Matematika, Metakognisi, Rally Coach, Schoology, Asesmen Diagnostik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 06:52 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 06:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40332 |
Actions (login required)
View Item |