PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMK SWASTA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Diah Riany Setyowati, 0102511076 (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMK SWASTA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMK SWASTA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI]
Preview
PDF (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMK SWASTA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
Download (8MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Diah Riany S. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Swasta dengan Motivasi sebagai Variabel Moderasi. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Cahyo Budi Utomo, M.Pd pembimbing II: Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd. Kata kunci: Kecerdasan emosional, kepemimpinan, motivasi, kinerja Keberadaan dan keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya, tidak dapat lepas dari faktor sumber daya manusianya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Swasta dengan Motivasi sebagai Variabel Moderasi. Tipe penelitian yakni explanatory research, teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 250 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah proportional random, skala pengukuran menggunakan skala likert. Analisis kuantitatif menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan berganda, koefisien determinasi, uji signifikansi (uji t dan uji f) dan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional (X1) dan kepemimpinan (X2) baik secara simultan maupun parsial mempengaruhi motivasi kerja (Y1) dan kinerja guru (Y2). Berdasarkan hasil analisis jalur, pengaruh langsung kecerdasan emosional maupun kepemimpinan terhadap kinerja guru lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung melalui motivasi kerja. Berdasarkan hasil tersebut, maka disarankan agar sekolah dapat meningkatkan kinerja guru termasuk didalamnya peningkatan motivasi kerja guru dan pemberian reward kepada guru dalam bentuk sanjungan langsung dari atasan sehingga karyawan akan bangga dengan pekerjaan yang telah dilakukannya yang telah dilakukannya sehingga dapat memacu para guru untuk bekerja lebih optimal serta meningkatkan komunikasi antara guru dan pimpinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kecerdasan emosional, kepemimpinan, motivasi, kinerja
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
L Education > L Education (General) > school environment
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 05:03
Last Modified: 21 Oct 2020 05:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40323

Actions (login required)

View Item View Item