PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, KESEJAHTERAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR


Anisa Kusuma Wahdati, 0102516004 (2019) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, KESEJAHTERAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, KESEJAHTERAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, KESEJAHTERAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR)
Download (3MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wahdati, K. A. 2019. “Pengaruh Budaya Sekolah, Kesejahteraan dan Kepuasan Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan.. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. H. Achmad Slamet M.Si., Pembimbing II Dr. H. Noor Hudallah, M.T Kinerja guru akan menjadi optimal, bila didukung budaya sekolah, kesejahteraan dan kepuasan kerja guru. Rendahnya produktifitas guru ditengarai oleh budaya sekolah yang masih monoton, kurangnya kesejahteraan yang berakibat pada ketidakpuasan guru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah dan kesejahteraan terhadap kepuasan kerja serta pengaruh budaya sekolah, kesejahteraan dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu melalui pembagian kuesioner terhadap responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 62 responden. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis diskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai r square sebesar 0,849, hal ini menunjukkan bahwa besar kontribusi yang diberikan variabel budaya sekolah, kesejahteraan dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 84,9%. Nilai signifikansi pengaruh variabel budaya sekolah terhadap kinerja guru dengan dimediasi oleh kepuasan kerja adalah sebesar 0,000 dengan T hitung sebesar 3,325. Oleh karena nilai signifikansi yang diperoleh < 0,05 maka Ho ditolak dan disimpulkan bahwa kepuasan kerja dapat memediasi pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa variabel budaya sekolah secara tidak langsung dapat berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru melalui variabel kepuasan kerja. Nilai signifikansi pengaruh variabel kesejahteraan terhadap kinerja guru dengan dimediasi oleh kepuasan kerja adalah sebesar 0,007 dengan T hitung sebesar 2,669. Oleh karena nilai signifikansi yang diperoleh < 0,05 maka Ho ditolak dan disimpulkan bahwa kepuasan kerja dapat memediasi pengaruh kesejahtaraan terhadap kinerja guru. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa variabel kesejahtaraan secara tidak langsung dapat berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru melalui variabel kepuasan kerja. Kesejahteraan guru yang tinggi akan meningkatkan kepuasan kerja guru yang selanjutnya akan meningkatkan kinerja guru. Dari hasil analisis perlu adanya peningkatan budaya sekolah, kesejahteraan dan kepuasan kerja mempengaruhi kinerja guru secara nyata, baik secara individual maupun secara bersama-sama. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru perlu adanya budaya sekolah, kesejahteraan dan kepuasan kerja. Kata Kunci : Budaya Sekolah, Kesejahteraan, Kepuasan, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Budaya Sekolah, Kesejahteraan, Kepuasan, Kinerja Guru
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
L Education > L Education (General) > school environment
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:46
Last Modified: 21 Oct 2020 04:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40317

Actions (login required)

View Item View Item