ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DAPIC PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN RME DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT


Ika Putri Wulandari, 0401517002 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DAPIC PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN RME DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DAPIC PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN RME DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DAPIC PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN RME DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT) - Submitted Version
Download (8MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wulandari, Ika Putri. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Pada Pembelajaran DAPIC Problem Solving dengan Pendekatan RME ditinjau dari Adversity Quotient”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr.Rochmad, M.Si., Pembimbing II Dr. Sugianto, M.Si. Kata Kunci Kemampuan Berpikir Kritis, Kepercayaan Diri, DAPIC Problem Solving, RME, Adversity Quotient. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Namun berdasarkan hasil observasi di SMP N 3 Sindang menunjukkan kemampuan berpikir kritis masih rendah dan hasil wawancara dengan beberapa guru matematika diperoleh bahwa kepercayaan diri siswa masih kurang. Oleh sebab itu diperlukan suatu pembelajaran yang mendukung, alternatif pembelajaran tersebut yaitu dengan DAPIC Problem Solving dengan pendekatan RME. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kualitas pembelajaran DAPIC Problem Solving dengan pendekatan RME terhadap kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri, (2) menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari Adversity Quotient, dan (3) menganalisis kepercayaan diri siswa ditinjau dari Adversity Quotient. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Mixed Method dengan strategi sequential explanatory dan desain penelitian control group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Berpikir Kritis, kuesioner, observasi, dan wawancara. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP N 3 Sindang. Data kuantitatif menggunakan nonprobability sampling. Data kualitatif diambil menggunakan cluster random sampling dan berdasarkan kategori Adversity Quotient siswa yaitu quitter, camper, dan climber. Sampel kuantitatif adalah siswa kelas VIII A dan kelas VII B. Sampel kualitatif diambil dari sembilan siswa yang dipilih berdasarkan Adversity Quotient. Teknik analisis data kuantitatif dengan statistika parametrik uji proporsi Z, uji beda proporsi, uji t, uji beda rata, dan uji pengaruh. Dan teknik analisis data kualitatif adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa pembelajaran efektif DAPIC Problem Solving dengan pendekatan RME efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri, dan hasil kualitatif menunjukkan bahwa pembelajaran DAPIC Problem Solving dengan pendekatan RME terhadap kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri berkualitas baik, pencapaian kemampuan berpikir kiritis siswa quitter mampu menguasai empat indikator, siswa camper dan siswa climber mampu menguasai seluruh indikator, dan pencapaian kepercayaan diri siswa quitter masih percaya diri akan tetapi malu-malu, siswa camper lebih berani, dan siswa climber sangat percaya diri. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran DAPIC Problem Solving dengan pendekatan RME dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci Kemampuan Berpikir Kritis, Kepercayaan Diri, DAPIC Problem Solving, RME, Adversity Quotient.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:29
Last Modified: 21 Oct 2020 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40311

Actions (login required)

View Item View Item