KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK
Fathul Imam, 0401514017 (2019) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK)
- Submitted Version
Download (9MB) | Preview |
Abstract
Imam, Fathul. 2019. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Prof. Dr. Zaenuri, M.Si, Akt, Pembimbing II. Dr. Sunyoto Eko Nugroho, M.Si. Kata Kunci: etnomatematika, gaya belajar, literasi matematika, problem based learning. Rendahnya literasi matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Mranggen, disebabkan karena tidak terbiasa dengan soal literasi matematika serta lemahnya memahami masalah. Pembelajaran problem based learning bernuansa etnomatematika diharapkan menjadi solusi dari masalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menentukan efektifitas model problem based learning bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematika dan menentuka pola kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan Mix Methods untuk memperoleh data kuantitatif berupa kemampuan literasi matematika, gaya belajar peserta didik, rasa cintaan budaya lokal, dan data kualitatif berupa analisis pola kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada kelas X IPA 3 dengan treatment pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika dan kelas X IPA 1 dengan treatmen pembelajaran PBL. Data kuantitatif diuji menggunakan one sample t-tes, paired-samples t-test, independen-samples t-test, sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan (1) Model problem based learning bernuansa etnomatematika efektif terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik; (2) Kemampuan literasi matematika peserta didik dengan gaya belajar visual dapat memilih dan menerapkan setrategi memecahkan masalah yang sederhana, peserta didik dengan gaya belajar audio dapat bekerja secara efektif dengan model dan situasi yang konkret tapi komplek, dan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik dapat melakukan konseptualisasi dan generalisasi dengan menggunakan informasi berdasarkan permasalahan dan situasi yang kompleks.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: etnomatematika, gaya belajar, literasi matematika, problem based learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 02:27 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 02:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40305 |
Actions (login required)
View Item |