ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-REGULATION DALAM PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES ASESMEN UNJUK KINERJA
Ely Susanti, 0401517026 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-REGULATION DALAM PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES ASESMEN UNJUK KINERJA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-REGULATION DALAM PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES ASESMEN UNJUK KINERJA)
- Submitted Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Susanti, Ely. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Regulation Dalam Pembelajaran Model Eliciting Activities Asesmen Unjuk Kinerja”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Unviversitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. St. Budi Waluya, M. Si., Pembimbing II Dr. Masrukan, M. Si. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (KBKM), Self-Regulation, Model Eliciting Activities (MEAs), Asesmen Unjuk Kinerja. Kurangnya perhatian guru terhadap self-regulation peserta didik menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif terutama pada hasil belajar yang mengukur tentang KBKM peserta didik. KBKM merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan KBKM peserta didik yaitu pembelajaran MEAs dengan menggabungkan asesmen unjuk kinerja. Tahapannya adalah penyampaian lembar permasalahan, pertanyaan kesiapan kepada peserta didik tentang masalah yang diberikan, pembacaan masalah, peserta didik mencari solusi dengan membangun model matematika pada lembar unjuk kinerja, presentasi hasil pekerjaan peserta didik serta pemberian tanggapan mengenai hasil diskusi, terakhir guru memberikan konfirmasi dan menarik kesimpulan bersama peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas pembelajaran MEAs asesmen unjuk kinerja terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dan (2) Mendeskripsikan hasil kemampuan berpikir kreatif peserta didik ditinjau dari self-regulation pada pembelajaran MEAs asesmen unjuk kinerja. Jenis penelitian ini adalah mixed method dengan desain eksplanatori skuensial. Variabel bebas adalah self-regulation dan variabel terikat adalah KBKM. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Ibu Kartini Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah kelas VIIC. Pengambilan data menggunakan angket self-regulation dan data tes KBKM serta wawancara. Teknik pengambilan subjek penelitian kualitatif adalah purposive sampling. Analisis kuantitatif menggunakan uji t, uji proporsi, uji beda rata-rata, uji beda proporsi, dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran MEAs asesmen unjuk kinerja berkualitas. Hal ini dikarenakan bahwa, pada tahap perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan respon peserta didik dalam kategori baik. Pada tahap penilaian pembelajaran MEAs asesmen unjuk kinerja efektif yaitu rata-rata KBKM peserta didik tuntas KKM yaitu lebih dari 60,72, proporsi ketuntasan klasikal lebih dari 75%, rata-rata kelas yang diajar menggunakan MEAs asemen unjuk kinerja lebih baik daripada rata-rata kelas yang diajar menggunakan PBL, proporsi ketuntasan kelas yang diajar menggunakan MEAs asemen unjuk kinerja lebih tinggi daripada rata-rata kelas yang diajar menggunakan PBL, dan terdapat pengaruh positif antara self-regulation terhadap KBKM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (KBKM), Self-Regulation, Model Eliciting Activities (MEAs), Asesmen Unjuk Kinerja. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 02:20 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 02:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40304 |
Actions (login required)
View Item |