ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN HANDS ON ACTIVITY
BENY MEILON, 0401514032 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN HANDS ON ACTIVITY. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN HANDS ON ACTIVITY)
- Submitted Version
Download (14MB) | Preview |
Abstract
Meilon, Beny. 2019. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Aktivitas Belajar Siswa pada Model Pembelajaran PBL Berbantuan Hands on Activity”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Scolastika Mariani, M. Si., Pembimbing II Dr. Isnarto, M. Si. Kata Kunci : Kemampuan Representasi Matematis, Problem based Learning, Hands On Activity, Aktivitas Belajar. Representasi Matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Problem based learning, salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan aktivitas belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menguji dan menganalisis keefektifan pembelajaran PBL berbantuan hands on activity terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (2) mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan aktivitas belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method dengan concurrent embedded design. Penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif berjalan beriringan dimana penelitian kuantitatif sebagai metode primer. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan tes kemampuan representasi matematis, sedangkan pengumpulan data kualitatif menggunakan observasi, tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonotunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL berbantuan hands on activity efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa yang ditandai dengan kelas dengan pembelajaran PBL berbantuan hands on activity mencapai tuntas rata-rata, dan tuntas klasikal mencapai lebih dari 75%. Uji beda rata-rata menunjukkan kemampuan representasi matematis kelas dengan pembelajaran PBL berbantuan hands on activity lebih baik dari kelas dengan pembelajaran metode ekspositori. Subyek yang memiliki aktivitas tinggi dan sedang sudah mampu memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis. Subyek yang memiliki aktivitas kurang belum mampu memenuhi indikator kemampuan representasi matematis. Indikator yang belum dipenuhi yaitu representasi simbolik dan verbal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kemampuan Representasi Matematis, Problem based Learning, Hands On Activity, Aktivitas Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 07:22 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 07:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40286 |
Actions (login required)
View Item |