PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP
KRISNA NUR WIDIANSAH, 0106517029 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Nur, Krisna Widiansah. 2019. “Pengembangan Instrumen Asesmen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Kartono, M.Si., Pembimbing II Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd. Kata Kunci: instrumen asesmen, berpikir kreatif, matematis Kemampuan berpikir kreatif menjadi sebuah tuntutan seiring dengan semakin kompleksnya permasalahan kehidupan yang harus dihadapi manusia. Instrumen yang memiliki pedoman penskoran yang valid dan reliabel akan memberikan hasil evaluasi proses pembelajaran yang sesuai dengan capaian kompetensi mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui bentuk instrumen asesmen yang dikembangkan; (2) untuk mengetahui validitas, reliabilitas, karakteristik butir, dan kepraktisan instrumen; (3) untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas 8. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan. Penelitian menggunakan sembilan langkah pengembangan instrumen yakni 1) pendahuluan; 2) perencanaan; 3) pengembangan produk awal; 4) penelaahan produk awal; 5) uji coba skala kecil; 6) penyempurnaan produk awal; 7) uji coba skala besar; 8) penyempurnaan produk akhir; 9) produk akhir. Sampel penelitian ini sejumlah 25 siswa untuk melakukan uji skala kecil dan 86 siswa untuk uji skala besar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, angket dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validitas isi instrumen lebih dari 0,75 (Valid), reliabilitas instrumen sebesar 0,797 pada uji skala kecil dan 0,881 pada uji skala besar. Uji Skala besar menghasilkan 4 butir soal uraian. Empat kelompok butir sesuai untuk mengukur indikatornya. Berdasarkan data uji coba skala kecil dengan sampel 25 siswa dengan rata-rata skor total 58, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa uji coba skala kecil adalah cukup kreatif. Sedangkan pada uji coba skala besar dengan 86 siswa dengan rata-rata skor total 62,21 dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa uji coba skala besar adalah kreatif. Simpulan penelitian ini adalah instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis yang dikembangkan valid, reliabel dan praktis untuk digunakan. dan dapat disimpulkan bahwa kategori kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas 8 adalah kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: instrumen asesmen, berpikir kreatif, matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > learning activity L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 04:15 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 04:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40152 |
Actions (login required)
View Item |