EVALUASI IMPLEMENTASI REKUSTRUKSI KURIKULUM TIMOR-LESTE PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DI SMU NEGERI SUB-DISTRIK BAUCAU


Leovelgilda Fernandes Savio, 0104517027 (2020) EVALUASI IMPLEMENTASI REKUSTRUKSI KURIKULUM TIMOR-LESTE PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DI SMU NEGERI SUB-DISTRIK BAUCAU. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI IMPLEMENTASI REKUSTRUKSI KURIKULUM TIMOR-LESTE PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DI SMU NEGERI SUB-DISTRIK BAUCAU]
Preview
PDF (EVALUASI IMPLEMENTASI REKUSTRUKSI KURIKULUM TIMOR-LESTE PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA DI SMU NEGERI SUB-DISTRIK BAUCAU)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Leovelgilda Fernandes Savio. 2020. “Evaluasi Implementasi Rekustruksi Kurikulum Timor-Leste Pada Mata Pelajaran Teknologi Multimedia di SMU Negeri Sub-Distrik Baucau”. Tesis. Program studi Pemgembangan Kurikulum. Universitas negeri semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Samsudi, M.Pd., pembimbing II Dr. Titi Prihatin, M.Pd., Kata kunci: Kurikulum 2011 Timor-Leste, evaluasi, Model CIPP Implementasi rekustruksi kurikulum Timor-Leste belum mencapai tujuan yang seharusnya karena kurikulum ini sudah di implementasikan selama 9 tahun tetapi kualitas pendidikan masih tetap diperdebatkan di kalangan masyarakat dengan demikian perlu untuk melakukan evaluasi agar mendapatkan informasi tentang kendala dalam mengimplementasi kurikulum tersebut. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah evaluasi implementasi rekustruksi kurikulum Timor-Leste pada mata pelajaran teknologi multimedia di SMU negeri Sub-Distrik Baucau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh mata pelajaran teknologi multimedia diimplementasikan di sekolah menengah umum sub-distrik Baucau, dilahat dari sisi konteks, imput, proses dan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konteks sangat mendukung karena tujuan yang dirumus dalam mata pelajaran tersebut relevan dengan kebutuhan stakeholder. Input kurang mendukung karena Sarana dan Prasarana belum layak. Proses kurang mendukung karena pembelajaran tidak didasarkan oleh perencanaan, pembelajaran masih konvensional, penilaian hanya berfokus pada apa yang siswa ketahui tetapi belum memasukan nilai siswa yang mengikuti kegiatan sekolah kepada masyarakat. Hasil produk sangat mendukung karena keseluruhan siswa mendapatkan nilai KKM. Simpulan dari penelitian ini adalah Mata pelajaran teknologi multimedia sangat diterima oleh stakeholder sekolah menengah umum Sub-Distrik Baucau. Sarana dan Prasarana disekolah menengah umum Sub-distrik Baucau belum layak. Proses pembelajaran di sekolah menengah umum Sub-distrik Baucau belum sesuai dengan yang diharapkan. Produk yang dihasikan sebagai ketercapaian tujuan mata pelajaran teknologi multimedia adalah hasil nilai siswa yang sudah memenuhi tuntutan KKM. Saran penelitian ini adalah Tingkatkan dan tetap mengimplementasikan mata pelajaran tersebut di lembaga pendidikan karena tujuan yang dirimuskan dalam mapel tersebut bermanfaat bagi stakeholder disekolah menegah umum Sub-Distrik Baucau. sarana dan prasaran di sekolah menengah umum sub¬-distrik Baucau perlu di perbaiki atau dilengkapi, proses pembelajaran disekolah menegah umum Sub-Distrik Baucau perlu ditingkatkan, produk yang di hasilkan disekolah menengah umum Sub-Distrik Baucau perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kurikulum 2011 Timor-Leste, evaluasi, Model CIPP
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > school environment
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:09
Last Modified: 19 Oct 2020 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40128

Actions (login required)

View Item View Item