PENINGKATAN IMAJINATIF MATEMATIS SISWA SLB TUNAGRAHITA PADA JOYFULL LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF


Hafida Eka Septiana, 4101415119 (2019) PENINGKATAN IMAJINATIF MATEMATIS SISWA SLB TUNAGRAHITA PADA JOYFULL LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN IMAJINATIF MATEMATIS SISWA SLB TUNAGRAHITA PADA JOYFULL LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF]
Preview
PDF (PENINGKATAN IMAJINATIF MATEMATIS SISWA SLB TUNAGRAHITA PADA JOYFULL LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF) - Published Version
Download (931kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis apakah imajinatif matematis siswa SLB tunagrahita melalui pembelajaran joyfull learning berbantuan alat peraga manipulatif (2) untuk mendeskripsikan peningkatan imajinatif matematis siswa SLB tunagrahita melalui pembelajaran joyfull learning berbantuan alat peraga manipulatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMPLB Negeri Salatiga. Analisis data kualitatif dilakukan dengan menganalisis data hasil pretest dan posttest, wawancara, dan pengamatan. Sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan uji wilcoxon untuk mengetahui peningkatan hasil pretest dan tes posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imajinasi matematis masing-masing siswa berbeda-beda, dapat dilihat dari pencapaian indikator setiap siswa. Hasil penelitian kualitatif juga menunjukkan terjadinya peningkatan imajinasi matematis. Sehingga disimpulkan bahwa model joyfully learning berbantuan alat peraga manipulatif dapat meningkatkan imajinasi matematis APD tunagrahita ringan, sarannya adalah dapat menggunakan model joyfull learning berbantuan alat peraga operasi penjumlahan dan pengurangan sebagai salah satu model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan imajinatif matematis APD tunagrahita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: imajinasi matematis, tunagrahita, joyfull learning, alat peraga manipulatif.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2020 02:08
Last Modified: 19 Oct 2020 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40125

Actions (login required)

View Item View Item