KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PROJECT BASED LEARNING PENDEKATAN RME BERBANTUAN SCHOOLOGY


Nurma Istiqomah, 4101415092 (2019) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PROJECT BASED LEARNING PENDEKATAN RME BERBANTUAN SCHOOLOGY. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PROJECT BASED LEARNING PENDEKATAN RME BERBANTUAN SCHOOLOGY]
Preview
PDF (KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PROJECT BASED LEARNING PENDEKATAN RME BERBANTUAN SCHOOLOGY) - Published Version
Download (592kB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi matematika penting untuk dimiliki siswa karena literasi matematika dapat membantu siswa memahami kegunaan matematika di setiap aspek kehidupan dan menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaan tipe gaya kogntif siswa perlu diperhatikan karena menyebabkan perbedaan kemampuan individu dalam menyelesaikan permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pembelajaran Project Based Learning pendekatan RME berbantuan schoology berkualitas baik dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods (concurrent embedded). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 36 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Subjek yang diwawancara terdiri dari 8 siswa yaitu 2 subjek dari siswa reflektif, 2 subjek dari siswa impulsif, 2 subjek dari siswa fastaccurate dan 2 subjek dari siswa slow-innaccurate. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes yaitu tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi analisis data kevalidan perangkat pembelajaran, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan proses pembelajaran memiliki kriteria sangat baik, pelaksanaan proses pembelajaran memiliki kriteria sangat baik, dan evaluasi pembelajaran memiliki kriteria baik; (2) kemampuan literasi matematika siswa bergaya kognitif reflektif menonjol pada communication, representation, devising strategies for solving problems, dan using mathematics tool; siswa impulsif menonjol pada communication; siswa fast-accurate menonjol pada communication, mathematising, reasoning and argument, devising strategies for solving problems, using mathematics tool dan siswa bergaya kognitif slowinnaccurate menonjol pada komponen communication. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) pembelajaran Project Based Learning pendekatan RME berbantuan schoology berkualitas baik terhadap kemampuan literasi matematika; (2) siswa reflektif memiliki kemampuan literasi matematika yang baik, siswa impulsif memiliki kemampuan literasi matematika yang kurang baik, siswa fast-accurate mempunyai kemampuan literasi matematika paling baik dibanding tipe gaya kognitif lainnya, dan siswa slow-inaccurate mempunyai kemampuan literasi matematika yang kurang baik dibanding tipe gaya kognitif lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, PJBL, RME, Schoology, Gaya Kognitif
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2020 01:06
Last Modified: 19 Oct 2020 01:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40118

Actions (login required)

View Item View Item