ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN FUN CARD


Dea Amara Paramita, 410415053 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN FUN CARD. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN FUN CARD]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN FUN CARD) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Kemampuan pemecahan masalah berkaitan dengan disposisi matematis. Dalam penelitian ini pembelajaran yang diterapkan menggunakan model CPS berbantuan Fun Card dengan sintaks klasifikasi masalah dan penggunaan Fun Card, pengungkapan pendapat, evaluasi dan seleksi, dan implementasi menggunakan media Fun Card. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran model CPS berbantuan Fun Card mencapai batas ketuntasan aktual secara rata-rata; (2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran model CPS berbantuan Fun Card mencapai batas ketuntasan aktual secara proporsi; (3) mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pembelajaran model CPS berbantuan Fun Card lebih tinggi daripada pembelajaran model PBL; (4) mengetahui proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran model CPS berbantuan Fun Card lebih tinggi daripada pembelajaran model PBL; (5) mengetahui disposisi matematis siswa berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran CPS berbantuan Fun Card; dan (6) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari disposisi matematis siswa dalam pembelajaran CPS berbantuan Fun Card. Penelitian ini menggunakan mix methods dengan sequential explanatory design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Boja tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling dan penentuan subjek dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa dalam model CPS berbantuan Fun Card mencapai batas ketuntasan aktual secara rata-rata; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran model CPS berbantuan Fun Card mencapai batas ketuntasan aktual secara proporsi; (3) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran model CPS berbantuan Fun Card lebih tinggi daripada dalam pembelajaran model PBL; (4) Proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI dalam pembelajaran model CPS berbantuan Fun Card lebih tinggi daripada dalam pembelajaran model PBL; (5) Disposisi matematis berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di pembelajaran model CPS berbantuan Fun Card; (6) siswa dengan disposisi matematis tinggi cenderung memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah dengan minimal baik; (7) siswa dengan disposisi matematis sedang cenderung memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah dengan minimal cukup baik; dan (8) siswa dengan disposisi matematis rendah cenderung memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah dengan minimal tidak baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis, CPS Berbantuan Fun Card.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:18
Last Modified: 16 Oct 2020 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40058

Actions (login required)

View Item View Item