KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK
Mursari Pratiwi, 4101415041 (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK)
- Published Version
Download (853kB) | Preview |
Abstract
Aljabar mempunyai peran penting dalam matematika. Pemahaman terhadap konsep-konsep dasar aljabar menjadi penting karena merupakan prasyarat utama bagi seorang siswa untuk dapat mempelajari materi-materi yang berkaitan dengan bentuk aljabar di tahap-tahap selanjutnya. Berpikir aljabar merupakan berpikir matematika yang berkaitan dengan salah satu aspek matematika, yaitu aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir aljabar siswa yang memperoleh pembelajaran CIRC dengan pendekatan realistik mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dan apakah kemampuan berpikir aljabar siswa yang memperoleh pembelajaran CIRC dengan pendekatan realistik lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa ditinjau dari minat belajar siswa pada model CIRC dengan pendekatan realistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan design penelitian Postest Only Control Design. Populasinya adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Juwana tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Data dianalisis dengan uji proporsi dan uji rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir aljabar siswa yang memperoleh pembelajaran CIRC dengan pendekatan realistik mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, (2) kemampuan berpikir aljabar siswa yang memperoleh pembelajaran CIRC dengan pendekatan realistik lebih baik dari kemampuan berpikir aljabar siswa yang memperoleh pembelajaran model Discovery Learning, (3) siswa dengan minat belajar tinggi cenderung mampu memenuhi kegiatan generasional, transformasional, dan level-meta global, siswa dengan minat belajar sedang cenderung mampu melakukan kegiatan generasional dan transformasional, tetapi tetapi masih cenderung mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan level-meta global dengan baik, siswa dengan minat belajar rendah cenderung mampu melakukan kegiatan generalisasi, tetapi masih cenderung mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan transformasional dan level-meta global dengan baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIRC, Kemampuan Berpikir Aljabar, Minat Belajar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Oct 2020 01:16 |
Last Modified: | 16 Oct 2020 01:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40047 |
Actions (login required)
View Item |