KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DENGAN MODEL PBL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA


Ela Nur Hayati, 4101414148 (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DENGAN MODEL PBL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DENGAN MODEL PBL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DENGAN MODEL PBL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA) - Published Version
Download (880kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Model PBL bernuansa etnomatematika adalah model pembelajaran yang difokuskan pada pengalaman pembelajaran yang diatur meliputi penyelidikan dan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika mencapai lebih dari atau sama dengan 72, (2) menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika mencapai lebih dari atau sama dengan 75%, (3) mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika dan model pembelajaran Direct Instruction, (4) menganalisis perbedaan sikap cinta siswa terhadap budaya sebelum dan sesudah dilaksanakannya pembelajaran dengan model PBL bernuansa etnomatematika. Materi yang diambil dalam penelitian ini adalah kubus dan balok, dan (5) pengaruh sikap cinta budaya terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Magelang tahun ajaran 2017/2018 dan dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes tertulis, lembar angket, wawancara, serta dokumentasi. Data dianalisis dengan uji rata-rata pihak kanan, uji proporsi satu pihak, kesamaan dua rata-rata, uji paired t-test,dan uji regresi linear sederhana . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII dengan model PBL bernuansa etnomatematika mencapai lebih dari 72, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII dengan model PBL bernuansa etnomatematika mencapai ketuntasan klasikal lebih dari 75%, (3) pembelajaran model PBL bernuansa etnomatematika siswa kelas VIII lebih baik daripada pembelajaran model Direct Instruction, (4) sikap cinta siswa terhadap budaya setelah mendapat pembelajaran dengan model PBL bernuansa etnomatematika lebih baik dari sikap cinta siswa sebelum mendapat pembelajaran dengan model PBL bernuansa etnomatematika, (5) Sikap cinta budaya berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kontribusi sebesar 47,8%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Etnomatematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:26
Last Modified: 15 Oct 2020 01:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39904

Actions (login required)

View Item View Item