ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA PADA MODEL TREFFINGER LEARNING BERBANTUAN LKS OPEN-ENDED QUESTION


Rusmanto, 4101414108 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA PADA MODEL TREFFINGER LEARNING BERBANTUAN LKS OPEN-ENDED QUESTION. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA PADA MODEL TREFFINGER LEARNING BERBANTUAN LKS OPEN-ENDED QUESTION]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA PADA MODEL TREFFINGER LEARNING BERBANTUAN LKS OPEN-ENDED QUESTION) - Published Version
Download (858kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis manjadi salah satu fokus pembelajaran yang penting dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Salah satu pembelajaran matematika yang mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif adalah model Treffinger. Pelaksanaan model pembelajaran Treffinger perlu didampingi dengan media yang sesuai agar dapat membantu dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menggunakan LKS openended question. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan kemampuan berpikir kreatif siswa serta mengetahui proses berpikir kreatif siswa ditinjau dari self-confidence. Penelitian ini merupakan penelitian mixed-methods dengan strategi concurrent-embeded. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII B SMP Negeri 3 Reban Tahun ajaran 2017/2018 dan subjek penelitiannya yaitu 7 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Pemilihan subjek didasarkan pada kategori self-confidence. Kategori self-confidence terdiri dari self-confidence tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara. Data kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis dengan menggunakan uji proporsi pihak kanan, dan uji rata-rata pihak kanan untuk mengetahui ketuntasan berpikir kreatif siswa. Analisis proses berpikir kreatif mengacu pada pada empat tahap yaitu mensintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide, dan menerapkan ide. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model Treffinger berbantuan LKS open-ended question mencapai ketuntasan. Siswa dengan self-confidence tinggi produktif dan lancar dalam memunculkan ide-idenya serta yakin terhadap hasil pekerjaannya. Siswa dengan self-confidence sedang kurang produktif dalam memunculkan ide-idenya serta cenderung kurang yakin terhadap hasil pekerjaannya. Siswa dengan selfconfidence rendah tidak produktif dalam memunculkan ide-idenya serta tidak yakin dengan hasil pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif matematis, Treffinger, self-confidence
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:18
Last Modified: 15 Oct 2020 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39901

Actions (login required)

View Item View Item