KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII


Agustina Puspitarini, 4101413022 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII) - Published Version
Download (584kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kemampuan literasi matematika siswa dalam pembelajaran CORE mencapai ketuntasan belajar; (2) menguji ratarata kemampuan literasi matematika siswa dalam model pembelajaran CORE lebih baik dari rata-rata kemampuan literasi matematika siswa dengan penerapan penerapan pembelajaran ekspositori; dan (3) mengetahui deskripsi kemampuan literasi matematika siswa setelah diberikan pembelajaran dengan model CORE. Penelitian ini adalah penelitian mix methods dengan model sequential explanatory design. Pegumpulan data dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengumpulan data kuantitatif dan data kualitatif. Untuk data kuantitatif diperoleh dari hasil nilai tes kemampuan literasi matematika. Untuk data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dengan 6 subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan literasi matematika siswa pada kelas eksperimen dapat mencapai ketuntasan belajar yaitu ketuntasan secara individu dan klasikal; (2) rata-rata kemampuan literasi matematika siswa dalam model pembelajaran CORE lebih baik daripada rata-rata kemampuan literasi matematika siswa dengan pembelajaran ekspositori; (3) hasil tes dan wawancara menunjukkan kemampuan literasi matematika siswa: a. Kelompok atas yaitu termasuk dalam kategori baik karena kedua subjek mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan literasi matematika; b. kelompok sedang termasuk kategori baik dan cukup, karena subjek SE-21 termasuk kategori baik untuk soal nomor 4 dan 6, dan kategori cukup untuk nomor 2 dan 5. Subjek SE-22 termasuk kategori baik untuk soal nomor 4 dan 6, dan kategori cukup untuk nomor 2 dan 5; c. kelompok bawah termasuk kategori cukup dan kurang, subjek SE-25 termasuk kategori baik untuk soal nomor 2 dan 6, dan kategori kurang untuk nomor 4 dan 5. Subjek kelompok bawah yang lain yaitu SE-08 termasuk kategori kurang untuk seluruh butir soal. Saran dari penelitian ini adalah guru matematika kelas VII diharapkan membudayakan pengajaran menggunakan indikator kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan pada saat menyelesaikan permasalahan matematika perlu dibiasakan melakukan kegiatan yang melibatkan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefekifan, kemampuan literasi matematika, model CORE
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2020 00:55
Last Modified: 15 Oct 2020 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39893

Actions (login required)

View Item View Item