ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERKONTEKS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DALAM PEMBELAJARAN DENGAN BLENDED LEARNING
Desi Setiyaningrum, 0401514065 (2019) ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERKONTEKS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DALAM PEMBELAJARAN DENGAN BLENDED LEARNING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERKONTEKS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DALAM PEMBELAJARAN DENGAN BLENDED LEARNING)
- Submitted Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Setiyaningrum, Desi. 2019. “Analisis Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Berkonteks Ditinjau dari Tipe Kepribadian dalam Pembelajaran dengan Blended Learning”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Kartono, M.Si., Pembimbing II Dr. Mulyono, M.Si. Kata Kunci : Tipe Kepribadian, Problem Based Instruction, Blended Learning. Matematika merupakan pengetahuan yang dibangun untuk memecahkan masalah. Interaksi antara pengajar dan peserta didik sering menjadi permasalahan dalam proses transfer ilmu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas pembelajaran pemecahan masalah matematika Model Problem Based Instruction (PBI) dalam lingkungan Blended Learning dan mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian The Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Penelitian menggunakan mixed methods dengan Triangulation design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)Pembelajaran yang diterapkan efektif dengan terpenuhinya kriteria pengujian terhadap ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan uji ketuntasan klasikal; (2) Tipe kepribadian ESTJ dan INTJ cenderung menggunakan proses berpikir pembentukan pengertian dan pembentukan pendapat dengan tepat dan konsisten serta proses pembentukan kesimpulan dengan hasil tepat namun tidak konsisten; (3) Tipe ESTP, ESFJ dan ESFP cenderung menggunakan proses berpikir pembentukan pengertian, pembentukan pendapat dan pembentukan kesimpulan dengan hasil tepat dan konsisten; (4) Tipe ENFJ cenderung menggunakan proses berpikir pembentukan pengertian dengan tepat dan konsisten serta proses pembentukan pendapat dan pembentukan kesimpulan dengan tepat namun tidak konsisten; (5) Tipe ISTJ cenderung menggunakan proses berpikir pembentukan pengertian dan pembentukan pendapat dengan tepat dan konsisten namun belum menggunakan proses berpikir pembentukan kesimpulan dengan tepat; (6) Tipe ISTP dan ISFJ cenderung menggunakan proses berpikir pembentukan pengertian dengan tepat dan konsisten, proses berpikir pembentukan pendapat dengan tepat dan belum menggunakan proses berpikir pembentukan kesimpulan dengan tepat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Tipe Kepribadian, Problem Based Instruction, Blended Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 04:38 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 04:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39799 |
Actions (login required)
View Item |