KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN TUGAS CREATIVE MIND-MAP TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA


Yudha Kristia Kartika, 4101412185 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN TUGAS CREATIVE MIND-MAP TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN TUGAS CREATIVE MIND-MAP TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN TUGAS CREATIVE MIND-MAP TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA) - Published Version
Download (626kB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis dan rasa ingin tahu merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan rasa ingin tahu adalah PjBL dengan tugas creative mind-map. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PjBL dengan tugas creative mind-map terhadap kemampuan koneksi matematis dan rasa ingin tahu siswa dengan indikator keefektifan (1) kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dengan tugas creative mind-map dapat mencapai ketuntasan belajar klasikal; (2) rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan model PjBL dengan tugas creative mind-map lebih tinggi dari rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan model ekspositori; dan (3) tingkat rasa ingin tahu siswa dengan menggunakan model PjBL dengan tugas creative mind-map lebih tinggi dari tingkat rasa ingin tahu siswa dengan model ekspositori.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan true eksperimental design dengan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Margorejo Pati tahun pelajaran 2017/2018 dengan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan angket. Data hasil penelitian diolah menggunakan uji proporsi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan koneksi matematis siswa yang dikenai model PjBL dengan tugas creative mind-map mencapai ketuntasan belajar klasikal; (2) rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa pada pembelajaran model PjBL dengan tugas creative mind-map adalah 80,33 sedangkan siswa pada pembelajaran model ekspositori adalah 75,15, (3) tingkat rasa ingin tahu siswa yang dikenai model PjBL dengan tugas creative mind-map adalah 77,67 sedangkan siswa dengan model ekspositori adalah 72,2. Simpulan dari penelitian ini adalah model Project Based Learning (PjBL) dengan tugas creative mind-map efektif terhadap kemampuan koneksi matematis dan rasa ingin tahu siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan koneksi matematis, rasa ingin tahu, Project Based Learning (PjBL), tugas creative mind-map.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2020 07:12
Last Modified: 13 Oct 2020 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39730

Actions (login required)

View Item View Item