PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERMEDIA ANDROID BERWAWASAN KONSERVASI


Afrilian Ardi Arus, 4101412160 (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERMEDIA ANDROID BERWAWASAN KONSERVASI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERMEDIA ANDROID BERWAWASAN KONSERVASI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERMEDIA ANDROID BERWAWASAN KONSERVASI) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran yang bermedia berbasis Android. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan agar siswa memiliki motivasi lebih dalam belajar matematika yang cenderung membosankan bagi siswa terutama pada penyampaian materi oleh guru/pengajar. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP bermedia Android berwawasan konservasi pada kelas VII materi pokok segitiga dan menguji keefektifan perangkat pembelajaran matematika SMP bermedia Android berwawasan konservasi pada kelas VII materi pokok segitiga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D yang termodifikasi menjadi 3D yaitu Define (Front-End Analysis, Learner Analysis, Concept Analysis, Task Analysis, Specifying Instructional Objectives), Design (Constructing Criterion-Referenced Test, Media Selection, Format Selection, Initial Design), dan Develope (Expert Appraisal, Developmental Testing). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Bahan Ajar, LKS, dan Media Android. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode tes, dokumentasi, dan observasi, serta penilaian kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan atas penilaian dari para ahli. Berdasarkan penilaian ahli/validator dengan rata-rata skor 42,5 (ahli materi) dan 33 (ahli media) dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika bermedia Android valid dan layak digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran. Serta berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai tes prestasi belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal dengan nilai sig sebesar 0,036. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dan perangkat pembelajaran matematika bermedia Android yang digunakan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Media Android
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2020 07:07
Last Modified: 13 Oct 2020 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39724

Actions (login required)

View Item View Item