KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN)


Dewi Intan, 4101416086 (2020) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4101416086.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ketuntasan klasikal dan membandingkan rata-rata kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII pada model POE dan PBL serta mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII pada model POE ditinjau dari self efficacy. Metode penelitian ini adalah quantitative methods atau penelitian kuantitatif dilanjutkan dengan deskripsi. Desain untuk penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2019/2020 sebesar 256 siswa. Pengambilan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara acak kelas dan diperoleh 32 siswa kelas VIII A dan 32 siswa kelas VIII B. Pemilihan subjek dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dimana subjek yang dipilih yaitu 3 subjek pada kategori self efficacy atas, 3 subjek pada kategori self efficacy tengah, dan 3 subjek pada kategori self efficacy bawah. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes tertulis kemampuan representasi matematis, pengisian angket self efficacy, dan wawancara subjek penelitian. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji proporsi dan uji t, sedangkan untuk deskripsi kemampuan representasi matematis ditinjau dari self efficacy dilakukan dengan keabsahan/kredibilitas data. Indikator kemampuan representasi matematis dalam penelitian ini yaitu: (A) membuat gambar bangun geometri untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian; (B) membuat persamaan atau model matematika dari representasi yang diberikan; (C) penyelesaian masalah dengan melibatkan ekspresi matematis; (D) menuliskan interpretasi dari suatu representasi; dan (E) menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan representasi matematis siswa pada model POE (Predict, Observe, Explain) mencapai ketuntasan klasikal dan (2) rata-rata kemampuan representasi matematis siswa pada model POE lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan representasi matematis siswa pada model PBL. Kecenderungan subjek-subjek dalam setiap kategori self efficacy yaitu: subjek pada kategori self efficacy atas mampu memenuhi semua indikator, yaitu indikator A, B, C, D, dan E, subjek pada kategori self efficacy tengah mampu memenuhi indikator A, B, C, dan E tetapi kurang mampu memenuhi indikator D, sedangkan subjek pada kategori self efficacy bawah mampu memenuhi indikator A dan E tetapi kurang mampu memenuhi indikator B, C, dan D.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, POE (Predict, Observe, Explain), Self Efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Oct 2020 02:32
Last Modified: 12 Oct 2020 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39601

Actions (login required)

View Item View Item