PENGARUH CAMPURAN FRAKSI MINYAK DIESEL DARI HANDPHONE CASE DENGAN DEXLITE TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG MESIN DIESEL


Agam Areta Firdaus , 5212414012 (2020) PENGARUH CAMPURAN FRAKSI MINYAK DIESEL DARI HANDPHONE CASE DENGAN DEXLITE TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG MESIN DIESEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5212414012.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan fraksi minyak diesel dari handphone case terhadap konsumsi bahan bakar pada mesin diesel. Mengetahui pengaruh penambahan fraksi minyak diesel dari handphone case terhadap emisi gas buang pada mesin diesel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Bahan baku yang digunakan adalah plastik handphone case yang diproses melalui pirolisis dan destilasi untuk mendapatkan minyak fraksi diesel. Variasi campuran bahan bakar antara fraksi minyak diesel dengan dexlite adalah 2%, 3,5% dan 5%. Pengujian konsumsi bahan bakar mesin dilakukan pada rpm 1000, 2000 dan 3000. Sedangkan pengujian emisi gas buang dilakukan pada rpm idle. Hasil penelitian menunjukkan secara umum konsumsi bahan bakar yang digunakan mengalami penurunan atau semakin irit seiring dengan banyaknya penambahan campuran fraksi minyak diesel handphone case pada bahan bakar dexlite. Ketika menggunakan bahan bakar dexlite murni menunjukkan konsumsi bahan bakar terendah pada rpm 1000 yaitu 0,687 kg/jam. Pada bahan bakar campuran, konsumsi bahan bakar terendah didapatkan pada campuran bahan bakar 95% dexlite dan 5% minyak fraksi diesel pada rpm 1000 yaitu 0,618 kg/jam. Emisi gas buang pada umumnya mengalami penuruan berbanding lurus dengan banyak campuran pada bahan bakar. Kadar CO terendah didapatkan pada campuran bahan bakar minyak fraksi diesel 3,5%, 5% yaitu 0,013%. Kadar CO2 terendah didapatkan pada campuran bahan bakar minyak fraksi diesel 3.5% yaitu 1,3%. Kadar HC terendah didapatkan pada campuran bahan bakar minyak fraksi diesel 2% yaitu 4 ppm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minyak fraksi diesel, handphone case, konsumsi bahan bakar, emisi gas buang, CO, CO2, HC.
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:04
Last Modified: 31 Aug 2020 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38480

Actions (login required)

View Item View Item