HUBUNGAN ANTARA TISE DENGAN TPACK CALON GURU BIOLOGI UNNES
Nurlita Anggraeni, 4401414098 (2018) HUBUNGAN ANTARA TISE DENGAN TPACK CALON GURU BIOLOGI UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (579kB) | Preview |
Abstract
Tantangan calon guru di era digital adalah mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran secara efektif dan inovatif. Salah satu konsep yang menunjang pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi adalah Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Technology Integration Self-Efficacy (TISE) ditemukan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi TPACK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan tingkat TISE dan TPACK serta mengidentifikasi hubungan antara TISE dan TPACK calon guru biologi UNNES angkatan 2014 dan 2015. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen angket Computer Technology Integration Survey oleh Wang et al. dan instrumen TPACK oleh Pamuk et al., serta pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat TISE calon guru biologi pada kategori tinggi=9,47%, sedang=76,84%, dan rendah=13,69%. Tingkat TPACK calon guru biologi pada kategori tinggi=15,26%, sedang=72,11%, dan rendah=12,63%. Nilai koefisien korelasi r=0,611 serta signifikansi <0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sebagian besar calon guru biologi memiliki tingkat TISE dan TPACK sedang (moderate) dan terdapat hubungan positif signifikan antara tingkat TISE dengan TPACK calon guru biologi angkatan 2014 dan 2015.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Calon Guru Biologi UNNES, Hubungan TISE dan TPACK, Tingkat TISE, Tingkat TPACK. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 16:05 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 16:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38089 |
Actions (login required)
View Item |