Pengembangan Media Pembelajaran “Chemi Chemi” Sebagai sumber Belajar Siswa Yang Interaktif
Sri Wardani, - and Restu Ika Safitry, - and Sri Haryani, MIPA Pendidikan Kimia (2015) Pengembangan Media Pembelajaran “Chemi Chemi” Sebagai sumber Belajar Siswa Yang Interaktif. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2015, SEMARANG.
Preview |
PDF (Pengembangan Media Pembelajaran “Chemi Chemi” Sebagai sumber Belajar Siswa Yang Interaktif)
- Published Version
Download (733kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (854kB) | Preview |
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian research and development (R&D)ini bertujuan mengembangkan Media“Chemi Chemi” berbasis Monopoli.Model penelitian yang digunakan adalah 3-D Models meliputi tahap Define, Design, and Develop.Teknik pengambilan data yang digunakan antara lain lembar validasi isi, lembar validasi media berupa (teknik penyajian, bahasa, dan grafis), metode observasi, angket,dan dokumentasi yang dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh skor persentase validasi 92,36 % untuk kelayakan isi,dan 96,98% untuk kelayakan media dengan 97,43% untuk teknik penyajian, 93,51% aspek Bahasa dan 100% teknik grafis. Sehinga Chemi Chemi yang dibuat dan dikembangkan dinyatakan valid secara teoritis. Hasil uji coba skala kecil 8 siswa memberikan repon baik dan 2 siswa cukup. Pada uji coba skala besar 2 siswa memberikan respon sangat baik dan 29 siswa memberikan repon baik.Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan Chemi Chemi untuk pembelajaran pada materi Minyak Bumi dinyatakan layak dan mendapat respon positif dari peserta didik sehingga dapat gunakan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chemi Chemi, Minyak Bumi, Monopoli, Research and development |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 15:49 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 06:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37660 |
Actions (login required)
View Item |