SURVEI KUALITAS PRODUKSI CELANA JEANS DI DESA GETAS KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN


Wijda Elfa Fitria , 5401412030 (2019) SURVEI KUALITAS PRODUKSI CELANA JEANS DI DESA GETAS KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI KUALITAS PRODUKSI CELANA JEANS DI DESA GETAS KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (SURVEI KUALITAS PRODUKSI CELANA JEANS DI DESA GETAS KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN) - Published Version
Download (491kB) | Preview

Abstract

Usaha di Kabupaten Pekalongan 65% merupakan usaha perseorangan berupa UMKM. Produk UMKM yang menjadi unggulan yaitu batik, jeans, sarung, busana muslim, bordir dan lainnya. Berdasarkan survei yang dilakukan, usaha konveksi jeans yang ada di Desa Getas Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan mengalami perkembangan seperti: produk celana jeans yang dulu jahitanya tidak rapih mulai terlihat rapih dan kuat; celana jeans yang dulunya dijual dikaki lima saat ini banyak dijual di toko-toko; permintaan celana jeans selalu meningkat. Meskipun mengalami perkembangan masih banyak permasalahan yang muncul, diantaranya: banyak konveksi membuat celana jeans mengandalkan model treand sehingga model celana jeans konveksi satu dan lainnya sama dan membuat persaingan dalam pemasaran, kurangnya pengetahuan pemilik konveksi dalam pembuatan desain, menugaskan tanggung jawab proses pembuatan produk tidak pada ahlinya, pemasaran produk yang jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produksi celana jeans yang ada di Desa Getas Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu pemilik konveksi celana jeans dengan jumlah 22 orang. Pengambilan sampel mengunakan total sampling. Teknik pengambilan data mengunakan dokumentasi dan kuesioner. Validasi instrumen di uji mengunakan product moment pada taraf signifikansi 5%, sedangkan uji reliabilitas mengunakan KR 20. Uji coba instrumen dilakukan kepada 10 pengusaha konveksi diluar populasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan prosentase. Hasil analisis rata-rata pada tiap indikator diketahui bahwa: kualitas desain memiliki skor rata-rata 2,5 dengan kategori cukup; kualitas proses memiliki skor ratarata 2,3 dengan kategori cukup; kualitas produk memiliki skor rata-rata 2,4 dengan kategori cukup; dan kualitas pemasaran dan purnajual memiliki skor rata-rata 2,9 dengan kategori tinggi. Hasil analisis menunjukan bahwa kualitas produksi celana jeans terletak pada kategori cukup dengan skor rata-rata 2,5. Saran untuk pemilik konveksi agar memberikan ciri khas dalam pembuatan desain agar menarik konsumen, mendesain kemasan, menerapkan kunci perbaikan, mencantumkan karakteristik struktural pada produk celana jeans, serta karyawan harus memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk menumbukan rasa percaya pelanggan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produksi, Celana Jeans
Subjects: T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Jun 2020 13:59
Last Modified: 29 Jun 2020 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37103

Actions (login required)

View Item View Item