PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER DENGAN ASESMEN KOLABORATIF DALAM PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA


DEDE RETNO ROBY SUGIARTO, 0401515013 (2020) PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER DENGAN ASESMEN KOLABORATIF DALAM PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_DEDE_RETNO_ROBY_SUGIARTO.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Sugiarto, Dede Retno Roby. 2020. “Pembelajaran Model Treffinger dengan Asesmen Kolaboratif dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Kartono, M.Si, Pembimbing II Dr. Scolastika Mariani, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Disposisi Matematis, Asesmen Kolaboratif, Self and Peer-assessment, Pembelajaran Model Treffinger Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran model Treffinger dengan asesmen kolaboratif pada pencapaian kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa pada pembelajaran model model Treffinger dengan asesmen kolaboratif. Penelitian ini menggunakan jenis mixed method dengan desain concurent embedded. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 36 Semarang. Pengambilan data kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan tes, pengambilan data disposisi matematis menggunakan kuesioner dan pengambilan data self-assessment dan peer-assessment menggunakan lembar penilaian. Kualitas pembelajaran secara kualitatif dinilai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis dianalisis secara kuantitatif dengan uji rata-rata, uji ketuntasan, uji beda rata-rata dan uji beda proporsi, kemudian dilakukan uji peningkatan pada siswa pilihan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran model Treffinger dengan asesmen kolaboratif berkualitas baik secara kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis pada siswa pilihan mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis kualitatif, kemampuan berpikir kreatif matematis secara keseluruhan siswa mampu menyelesaikan permasalahan pada soal berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan, yaitu kelancaran, keluwesan, orisinalitas dan elaborasi. Berdasarkan analisis disposisi matematis, secara keseluruhan siswa sudah terlihat pada 4 indikator disposisi matematis, yaitu kepercayaan diri, keluwesan, kemauan dan minat, keingintahuan, daya temu siswa dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Disposisi Matematis, Asesmen Kolaboratif, Self and Peer-assessment, Pembelajaran Model Treffinger
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 24 Jun 2020 14:34
Last Modified: 24 Jun 2020 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36981

Actions (login required)

View Item View Item