ANALISIS KETIDAKSTABILAN TEGANGAN DAN FREKUENSI PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (STUDI KASUS PLTMH SOKOKEMBANG KABUPATEN PEKALONGAN)


Nurul Dyah Pratiwi , 5301415046 (2019) ANALISIS KETIDAKSTABILAN TEGANGAN DAN FREKUENSI PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (STUDI KASUS PLTMH SOKOKEMBANG KABUPATEN PEKALONGAN). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KETIDAKSTABILAN TEGANGAN DAN FREKUENSI PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (STUDI KASUS PLTMH SOKOKEMBANG KABUPATEN PEKALONGAN)]
Preview
PDF (ANALISIS KETIDAKSTABILAN TEGANGAN DAN FREKUENSI PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (STUDI KASUS PLTMH SOKOKEMBANG KABUPATEN PEKALONGAN)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

PLTMH skala kecil menggunakan generator sinkron yang harganya lebih murah, kontruksi kuat dan sederhana, mudah pengoperasian dan perawatannya. Ketika generator sinkron diberi beban yang berubah-ubah, maka besarnya tegangan akan berubah-ubah pula. Hal ini mengakibatkan ketidakstabilan pada tegangan dan frekuensi. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis ketidakstabilan tegangan dan frekuensi pada PLTMH, apabila terjadi hilangnya beban ataupun gangguan yang terjadi. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif di desa Sokokembang Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. Penelitian ini memberikan gambaran dan keterangan permasalahan tentang ketidakstabilan tegangan dan frekuensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro. Adapun analisis yang dilakukan adalah analisis daya potensial air pada PLTMH, efesiensi total, analisis beban harian, dan analisis ketidakstabilan tegangan dan frekuensi. Hasil penelitian ini adalah nilai ketidaksatbilan tegangan/frekuensi tertinggi dan terendah, yaitu 235 volt/51 Hz dan 160 volt/44 Hz, karena pengaruh perubahan arus beban. Dimana dapat mempengaruhi kecepatan putaran generator berubah-ubah, yang mengakibatkan tegangan dan frekuensi yang dihasilkan generator tidak stabil. Solusinya yaitu menambahkan daya air guna memutar poros turbin dan generator menjadi lebih kencang, sehingga dapat memperkecil nilai penurunan daya listrik oleh rugi-rugi pada turbin dan generator. Daya listrik yang besar dapat menaikan tegangan dan frekuensi tanpa harus mengatur beban, serta perlu adanya perbaikan sistem ELC guna mendapatkan nilai kestabilan tegangan dan frekuensi yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PLTMH, Tegangan, Frekuensi
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Jun 2020 11:41
Last Modified: 16 Jun 2020 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36805

Actions (login required)

View Item View Item