PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENGAYAAN LATIHAN KOMPETENSI MENERAPKAN CARA PERAWATAN ANTILOCK BRAKE SYSTEM (ABS) UNTUK SISWA SMK MUHAMMADIYAH SAMPANG, CILACAP
Danu Kuntoro , 5202415086 (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENGAYAAN LATIHAN KOMPETENSI MENERAPKAN CARA PERAWATAN ANTILOCK BRAKE SYSTEM (ABS) UNTUK SISWA SMK MUHAMMADIYAH SAMPANG, CILACAP. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENGAYAAN LATIHAN KOMPETENSI MENERAPKAN CARA PERAWATAN ANTILOCK BRAKE SYSTEM (ABS) UNTUK SISWA SMK MUHAMMADIYAH SAMPANG, CILACAP)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kelayakan E-modul yang dikembangkan, mengetahui keefektifan penggunaan E-modul pada aspek pengetahuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan E-modul yang dikembangkan. Pengembangan E-modul ABS menggunakan metode R&D (Research and Development). Model pengembangan E-modul menggunakan pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Develop, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Desain uji coba menggunakan desain one grup pretest-posttest design. Subjek uji coba penelitian ini yaitu siswa SMK Muhammadiyah Sampang, Cilacap dengan populasi yaitu siswa kelas XII TKR dan sampel yaitu kelas XII TKR II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan objektif tes berupa tes pilihan ganda untuk pretest dan posttest serta pengisian angket menggunakan skala likert untuk uji kelayakan media E-modul ABS dan tanggapan siswa. Analisis data dalam penelitian pengembangan E-modul ABS menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikasi antara pretest dan posttest serta uji N-gain untuk mengukur kategori keefektifan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dan pengembangan E-Modul ABS (Antilock Brake System) yang telah dilakukan di SMK Muhammadiyah Sampang, Cilacap dapat disimpulkan bahwa: E-Modul ABS (Antilock Brake System) mendapatkan tingkat kelayakan sebesar 96,4% dari ahli materi dan 95% dari ahli media dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Penggunakan E-Modul ABS (Antilock Brake System) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil rata-rata pretest 47,31 dan hasil rata-rata posttest 78,62 serta hasil uji-t diperoleh
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, ABS, ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 26 May 2020 14:42 |
Last Modified: | 26 May 2020 14:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36392 |
Actions (login required)
View Item |