PENGARUH KOMPOSISI CAMPURAN THINNER TERHADAP KETEBALAN DAN DAYA LEKAT PENGECATAN PADA PLAT BAJA SPCC


Ryan Syafaatillah Pratama, 5202415076 (2019) PENGARUH KOMPOSISI CAMPURAN THINNER TERHADAP KETEBALAN DAN DAYA LEKAT PENGECATAN PADA PLAT BAJA SPCC. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KOMPOSISI CAMPURAN THINNER TERHADAP KETEBALAN DAN DAYA LEKAT PENGECATAN PADA PLAT BAJA SPCC]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPOSISI CAMPURAN THINNER TERHADAP KETEBALAN DAN DAYA LEKAT PENGECATAN PADA PLAT BAJA SPCC) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perbandingan cat dan thinner terhadap ketebalan dan daya lekat pengecatan pada plat baja SPCC. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimental. Cat yang digunakan yaitu Danagloss dan thinner menggunakan thinner ND dengan variasi perbandingan 2:1, 2:2, dan 2:3. Pengujian ketebalan menggunakan thickness gauge dan pengujian daya lekat menggunakan alat adhesion pull off test. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa nilai daya lekat tertinggi pada perbandingan 2:1 dengan nilai 0,91 Mpa, nilai ketebalan kering sebesar 57,67 μm sedangkan pada perbandingan 2:2 mendapatkan nilai daya lekat 0,83 Mpa nilai ketebalan kering sebesar 48 μm. Nilai daya lekat paling rendah pada perbandingan 2:3 dengan nilai 0,67 Mpa, nilai ketebalan kering sebesar 36 μm. Peneliti menemui cacat berupa lapisan kasar pada perbandingan 2:1 yang terlalu kental dan juga cacat meleleh pada perbandingan 2:3 yang terlalu encer.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cat, Thinner, Ketebalan, Daya lekat
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2020 14:35
Last Modified: 26 May 2020 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36390

Actions (login required)

View Item View Item