PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM EPS (ELECTRIC POWER STEERING) BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR


Ahmad Wildan , 5202415025 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM EPS (ELECTRIC POWER STEERING) BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM EPS (ELECTRIC POWER STEERING) BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM EPS (ELECTRIC POWER STEERING) BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menuju lebih baik. Meningkatnya pengguna android menjadi sebuah peluang dalam dunia pendidikan, terutama dalam pemanfaatan menjadi media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan dan tingkat perkembangan hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran sistem EPS berbasis aplikasi android yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implmentation dan Evaluation. Desain uji coba produk yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs (nondesign) jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek uji coba berjumlah 20 mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang sedang mengambil mata kuliah Chassis dan pemindah daya. Alat pengumpul data yang digunakan adalah instrumen tes. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian berdasarkan hasil rational adjustment dari dua orang tenaga ahli yang berkompeten dibidang media dan materi menyatakan media pembelajaran layak untuk digunakan. Hasil uji coba terbukti bahwa terdapat perbedaan dan efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan nilai pretest sebesar 55,50 dan posttest 81,67. Dari hasil nilai rata-rata pretest-posttest dapat diketahui terdapat kenaikan nilai sebesar 68,58. Selanjutnya berdasarkan uji T berpasangan yang telah dilakukan dengan hasil thitung = 11,58 dan ttabel = 2,09 (thitung > ttabel) pada ∝= 5% (thitung > ttabel), sehingga didapatkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yaitu terdapat perbedaan antara hasil pretest dan postest. Kemudian uji gain yang telah dilakukan dengan rata-rata 0,60 yang masuk dalam kategori peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Android; Belajar; EPS; Media.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2020 12:18
Last Modified: 26 May 2020 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36361

Actions (login required)

View Item View Item