PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM SUSPENSI SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 7 SEMARANG


Fauzi Ari Rakhmanto, 5202414085 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM SUSPENSI SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM SUSPENSI SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 7 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM SUSPENSI SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 7 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar dapat menggunakan media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran dan dapat digunakan sebagai bahan belajar supaya proses pembelajaran berjalan dengan baik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia mata pelajaran Chassis dan Pemindah Tenaga, Kompetensi Dasar memahami sistem suspensi. peningkatan hasil belajar dan perbedaan hasil belajar pada saat diterapkan dalam kegiatan belajar. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis, Design, Development, implementation dan Evaluation. Desain uji coba penelitian ini menggunakan Quasy Experimental Design dengan model one group pretest-posttest. Produk pengembangan multimedia pembelajaran memerlukan validasi dalam rangka evaluasi formatif. Validasi tersebut diperoleh dari para subjek yang terdiri dari 3 ahli media dan 3 ahli materi serta siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 7 Semarang dengan jumlah responden 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner (angket) dan soal uji coba. Berdasarkan data hasil dari validasi ahli media diperoleh rata-rata persentase hasil penilaian sebesar 88,66% dengan kriteria “sangat layak” dan untuk rata-rata persentase penilaian ahli materi sebesar 87,24% dengan kriteria “sangat layak”. Peningkatan hasil belajar sesudah menggunakan multimedia pembelajaran ditunjukan dari hasil uji gain sebesar 0,584 atau jika dalam skala persentase sebesar 25,22% dengan interpretasi peningkatan sedang. Perbedaan hasil belajar antara sebelum dan sesuah menggunakan multimedia pembelajaran ditunjukan dari hasil uji t dengan rata- rata nilai pretest 56,78 dan rata-rata nilai posttest 82,00. Berdasarkan uji t dapat ditarik hasil dari thitung sebesar 14,41 dan ttabel sebesar 2,05. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah mengggunakan multimedia. Saran untuk pengajar dapat menggunakan multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan sebagai media belajar pada mata pelajaran Chassis dan Pemindah Tenaga pada Kompetensi Dasar memahami sistem suspensi, karena berdasarkan kajian yang relevan menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran lebih efektif dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia, hasil belajar, sistem suspensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 May 2020 14:14
Last Modified: 14 May 2020 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36297

Actions (login required)

View Item View Item