PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ALAT UKUR MEKANIK UNTUK SISWA KELAS X SMK


Johan Faisal Adi, 5202414073 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ALAT UKUR MEKANIK UNTUK SISWA KELAS X SMK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ALAT UKUR MEKANIK UNTUK SISWA KELAS X SMK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ALAT UKUR MEKANIK UNTUK SISWA KELAS X SMK) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar dapat menggunakan media yang memanfaatkan kegunaan perangkat pembelajaran sebagai bahan belajar supaya menjadi lebih efektif dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran alat ukur mekanik untuk siswa kelas X SMK dan mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran Alat Ukur Mekanik pada saat kegiatan belajar. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian pengembangan dengan model R&D yang terdiri 10 langkah yang kemudian disederhanakan menjadi 6 langkah, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Desain uji coba penelitian ini menggunakan before-after pre test post test. Produk pengembangan multimedia pembelajaran memerlukan validasi dalam rangka evaluasi formatif. Validasi tersebut diperoleh dari para subjek yang terdiri dari ahli media, ahli materi, dan pemakai produk yaitu siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Terpadu Darul Ulum Kalingga Jepara dengan subjek uji coba dalam penelitian berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner (angket) dan soal uji coba. Berdasarkan data hasil penelitian dari validasi ahli media diperoleh rata-rata persentase hasil penilaian sebesar adalah 94% dengan kriteria “sangat layak” dan untuk rata-rata presentase hasil uji materi adalah 86,61% dengan kriteria “sangat layak”. Keefektifan multimedia ditunjukkan dari hasil uji pre test dengan nilai rata-rata 63,22 dan dari hasil post test dengan nilai rata-rata 91,34. Berdasarkan uji t-berpasangan dapat ditarik hasil dari t hitung sebesar 14,54 dan t tabel sebesar 2,05. Karena t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah mengggunakan multimedia. Hasil uji gain menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman penguasaan materi Alat Ukur Mekanik diperoleh sebesar 0,764 yang masuk dalam interpretasi peningkatan tinggi. Saran untuk pengajar dapat dapat menggunakan multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan sebagai media belajar pada mata pelajaran dasar teknik otomotif kompetensi alat ukur mekanik, karena berdasarkan kajian yang relevan menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran lebih efektif dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia, pembelajaran, alat ukur mekanik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > Information and Computer > Information System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 May 2020 14:02
Last Modified: 14 May 2020 14:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36294

Actions (login required)

View Item View Item