OPTIMASI DESAIN REAR AXLE FRAME DAN AXLE MOUNTING BRACKET PADA CHASSIS BUS LISTRIK DENGAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR PROFESSIONAL 2019


Burhanudin Yusuf , 5202414047 (2019) OPTIMASI DESAIN REAR AXLE FRAME DAN AXLE MOUNTING BRACKET PADA CHASSIS BUS LISTRIK DENGAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR PROFESSIONAL 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of OPTIMASI DESAIN REAR AXLE FRAME DAN AXLE MOUNTING BRACKET PADA CHASSIS BUS LISTRIK DENGAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR PROFESSIONAL 2019]
Preview
PDF (OPTIMASI DESAIN REAR AXLE FRAME DAN AXLE MOUNTING BRACKET PADA CHASSIS BUS LISTRIK DENGAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR PROFESSIONAL 2019) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan desain rear axle frame dan axle mounting bracket pada chassis bus listrik yang ringan dan kuat. Metode penelitian optimasi ini yaitu dengan mengembangkan existing design untuk mendapatkan improvement design menggunakan software Autodesk Inventor Profesional 2019. Kemudian dilakukan pengujian struktur menggunakan software Autodesk Nastran In-CAD 2019 dengan asumsi operation conditions. Material yang digunakan pada rear axle frame adalah STKM16A, sedangkan pada axle mounting bracket menggunakan SS400. Parameter yang digunakan yaitu massa, von mises stress dan safety factor. Penelitian optimasi ini menghasilkan tiga improvement design. Dari data perbandingan antar improvement design, didapatkan desain yang optimal yaitu pada improvement design 3. Pada improvement design 3 diperoleh massa rear axle frame sebesar 426,73 kg, air spring bracket sebesar 14,394 kg dan shock absorber bracket sebesar 3,992 kg. Kekuatan struktur pada improvement design 3 ditinjau dari hasil pengujian pada kondisi torsion-bending case. Pada rear axle frame diperoleh nilai von mises stress sebesar 91,19 MPa sehingga nilai safety factor 3,56. Pada komponen air spring bracket diperoleh nilai von mises stress sebesar 233,4 MPa sehingga nilai safety factor 1,05. Pada komponen shock absorber bracket diperoleh nilai von mises stress sebesar 227,1 MPa sehingga nilai safety factor sebesar 1,08.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: optimasi chassis, kekuatan struktur, massa
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 May 2020 13:45
Last Modified: 14 May 2020 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36290

Actions (login required)

View Item View Item