PENGARUH PENGGUNAAN KAMPAS KOPLING RACING DAYTONA TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125


Ahmad Agus Sofwan , 5202413084 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN KAMPAS KOPLING RACING DAYTONA TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN KAMPAS KOPLING RACING DAYTONA TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN KAMPAS KOPLING RACING DAYTONA TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kopling merupakan komponen kendaraan bermotor yang berperan penting dalam pemindahan transmisi dan meningkatkan kinerja kendaraan bermotor. Untuk meningkatkan kinerja kopling dapat dilakukan dengan penggunaan kampas kopling berbahan kevlar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan kampas kopling Daytona Racing terhadap Torsi dan Daya mesin sepeda motor Honda Supra X 125. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dimana torsi dan daya diuji menggunakan dinamometer. Data hasil penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan kampas kopling Daytona Racing terhadap Torsi dan Daya mesin sepeda motor Honda Supra X 125. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan kampas kopling Daytona meningkatkan torsi dan daya pada putaran rendah dibandingkan dengan kampas kopling standar dengan rata-rata torsi yang dihasilkan sebesar 10,85 Nm pada 3000 RPM dan rata-rata daya sebesar 4,95 HP pada putaran 3000 RPM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kampas kopling Daytona lebih baik pada putaran rendah. Saran peneliti untuk penelitian selanjutnya bahwa pengujian kampas kopling Daytona belum optimal karena belum dilakukan reyen, sebaiknya sebelum pengujian kampas kopling diberi waktu untuk digunakan di jalan terlebih dahulu agar saat pengujian kampas kopling sudah pada kondisi siap uji.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kampas kopling Daytona, kevlar, torsi, dan daya.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 May 2020 15:01
Last Modified: 13 May 2020 15:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36282

Actions (login required)

View Item View Item