ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MODEL PjBL BERBANTUAN TUGAS MANDIRI PENGAMATAN
Ayu Nitasari, 4101414150 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MODEL PjBL BERBANTUAN TUGAS MANDIRI PENGAMATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan literasi matematika merupakan kemampuan yang penting dimiliki siswa untuk memahami dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kenyataannya kemampuan literasi matematika siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah kemampuan literasi matematika pada model PjBL berbantuan tugas mandiri pengamatan mencapai ketuntasan belajar; (2) untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan literasi matematika siswa pada model PjBL berbantuan tugas mandiri pengamatan; dan (3) untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa pada model PjBL berbantuan tugas mandiri pengamatan. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan model campuran tak berimbang (concurrent embedded). Pertimbangan ini dikarenakan metode kuantitatif sebgai metode primer dan metode kualitatif sebgai metode sekunder untuk melengkapi penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Semarang tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 8 kelas dengan 284 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas penelitian yaitu VIII H sebanyak 34 siswa sebagai sampel penelitian. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan pertimbangan tertentu yaitu melalui pengelompokan skor post-test kemampuan literasi matematika yang dapat memberikan informasi sebanyak mungkin sehingga diperoleh enam subjek dengan dua subjek kelompok atas, dua subjek kelompok tengah, dan dua subjek kelompok bawah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kemampuan literasi matematika pada model PjBL berbantuan tugas mandiri pengamatan mencapai ketuntasan belajar; (2) adanya peningkatan kemampuan literasi pada model PjBL berbantuan tugas mandiri pengamatan (3) siswa kelompok atas memiliki kemampuan literasi matematika yang sangat baik pada setiap komponen literasi matematika, siswa kelompok tengah memiliki kemampuan literasi matematika yang baik sedangkan siswa kelompok bawah memiliki kemampuan literasi matematika yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Matematika, PjBL, Tugas Mandiri Pengamatan |
Subjects: | L Education > Educational Institutions > portfolio assessment Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 04 May 2020 14:09 |
Last Modified: | 04 May 2020 14:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36088 |
Actions (login required)
View Item |