KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI INTERPERSONAL INTELLIGENCE DENGAN PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE
Wahidatunnisa Almukaromah, 4101414147 (2018) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI INTERPERSONAL INTELLIGENCE DENGAN PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (576kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran think talk write mencapai ketuntasan klasikal, apakah pembelajaran think talk write lebih baik untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan tingkat interpersonal intelligence siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Cilacap tahun ajaran 2017/2018, secara random sampling terpilih dua kelas yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran think talk write dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Subjek penelitian yang diwawancarai terdiri dari 6 siswa yaitu 2 subjek dari kategori interpersonal intelligence tinggi, 2 subjek dari kategori interpersonal intelligence sedang dan 2 subjek dari kategori interpersonal intelligence rendah. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode tes, observasi, skala interpersonal intelligence, dan wawancara. Teknik analisis data kuantitatif meliputi uji prasyarat analisis data dan analisis data penelitian. Teknik analisis data kualitatif meliputi mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran think talk write mencapai ketuntasan klasikal; (2) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran think talk write lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran ekspositori; (3) subjek S-1 dan S-2 dengan interpersonal intelligence tinggi memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis; (4) subjek S-3 dengan interpersonal intelligence sedang memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis; (5) subjek S-4 dengan interpersonal intelligence sedang dan subjek S-5 dengan interpersonal intelligence rendah memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis; dan (6) subjek S-6 dengan interpersonal intelligence rendah memenuhi satu indikator kemampuan komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Matematis, Interpersonal Intelligence, dan Think Talk Write. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Child L Education > L Education (General) > Development of Learning Media Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 04 May 2020 14:04 |
Last Modified: | 04 May 2020 14:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36087 |
Actions (login required)
View Item |