KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA SELF REGULATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION


Dian Rahmawati, 4101414129 (2018) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA SELF REGULATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101414129.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang menjadi fokus pemebelajaran matematika. Namun hasil di lapangan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa masih belum optimal. Selain kemampuan pemecahan masalah, aspek penting lainnya yaitu karakter siswa pada khususnya sikap tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketuntasan belajar, perbandingan hasil belajar, dan deskripsi model pembelajaran SRL dengan pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah yang ditinjau dari segi tanggung jawab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode campuran (mixed methods) dengan sequential explanatory strategy. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Bulu tahun pelajaran 2017/2018. Dengan teknik simple random sampling terpilih sampel siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pelaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran SRL dengan pendekatan RME, sedangkan di kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive samping sehingga terpilih 6 subjek penelitian dengan masing-masing 3 subjek dari kategori atas, sedang, dan bawah berdasarkan pengelompokkan hasil angket tanggung jawab. Indikator untuk mengukur kemampuan pemecahan ddalam penelitian ini adalah 1) memahami masalah; 2) merencanakan strategi dalam menyelesaikan masalah; 3) melakasanakan pemecahan masalah; 4) menjawab masalah. Hasil tes dianalisis dengan uji rata-rata satu pihak, uji proporsi satu pihak, dan analisis kualitatif yanng mengacu pada indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam model pembelajaran SRL dengan pendekatan RME mencapai ketuntasan klasikal. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran model SRL dengan pendekatan RME lebih baik dari pada menggunakan pemebelajaran ekspositori. Deskripsi keammpuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tanggung jawab siswa pada model pembelajaran SRL dengan pendekatan RME, yaitu siswa pada kategori tanggung jawab tingkat atas mampu memenuhi semua indikator tahap kemampuan pemecahan masalah matematis; siswa pada kategori tanggung jawab tingkah tengah hanya mampu memenuhi indikator ke1-3; dan siswa pada kategori tanggung jawab tingkat bawah hanya mampu memenuhi subindikator ke 1-2 dan sebagian indikator ke 3.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Tanggung Jawab, Self Regulated Learning (SRL), Realistic Mathematics Education (RME).
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Apr 2020 17:37
Last Modified: 30 Apr 2020 17:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36064

Actions (login required)

View Item View Item