ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DITINJAU DARI PERCAYA DIRI SISWA SMA PADA MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS ETNOMATEMATIKA


Annisa Fikriya, 4101414128 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DITINJAU DARI PERCAYA DIRI SISWA SMA PADA MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101414128.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji model pembelajaran treffinger berbasis etnomatematika berkualitas baik dalam meningkatkan kemampuan penalaran adaptif siswa dan mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif berdasarkan tingkat kepercayaan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed methods. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri Wiradesa tahun ajaran 2017/2018, secara sampling purposif terpilih dua kelas. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Trefinger berbasis etnomatematika dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran PBL. Sedangkan subjek penelitian yang diwawancarai terdiri dari 6 siswa yaitu 2 subjek dari kategori percaya diri tinggi, 2 subjek dari kategori percaya diri sedang, dan 2 subjek dari kategori percaya diri rendah. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode tes, skala percaya diri, wawancara dan observasi. Teknik analisis data kuantitatif meliputi uji prasyarat analisis data dan uji analisis data penelitian. Sedangkan teknik analisis data kualitatif meliputi mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Treffinger berbasis etnomatematika memiliki kualitas yang baik dalam meningkatkan kemampuan penalaran adaptif siswa, karena perencanaan proses pembelajaran memiliki kriteria baik, pelaksanaan proses pembelajaran memiliki kriteria sangat baik, dari aktivitas guru maupun siswa, dan rata-rata hasil belajar kelas mencapai KKM; (2) siswa dengan model pembelajaran Treffinger berbasis etnomatematika mencapai ketuntasan rata-rata dan klasikal; (3) terdapat peningkatan kemampuan penalaran adaptif pada kelas eksperimen; (4) kemampuan penalaran adaptif pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol; (5) siswa dengan percaya diri tinggi mampu memenuhi empat indikator; (6) siswa dengan percaya diri sedang mampu memenuhi tiga indikator; dan (7) Siswa dengan percaya diri rendah mampu memenuhi satu indikator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penalaran Adaptif, Percaya Diri, dan Treffinger Berbasis Etnomatematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Apr 2020 17:25
Last Modified: 30 Apr 2020 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36062

Actions (login required)

View Item View Item