KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Lutfia Nur Azizah, 4101414116 (2018) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan representasi matematis penting untuk dikembangkan karena kemampuan representasi membantu siswa untuk mengomunikasikan dan mengoneksikan konsep matematis dalam memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguji keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X di SMAN 1 Blora; dan (2) mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas X di SMAN 1 Blora ditinjau dari gaya kognitif pada pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode mixed method desain sequential explanatory. Subjek penelitian ini adalah delapan orang siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Blora pada semester genap tahun pelajaran 2017/ 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi observasi (pengamatan), dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X; dan (2) siswa dengan tipe gaya kognitif reflektif cenderung memiliki kemampuan representasi visual dengan kategori sangat baik, kemampuan representasi simbolik dengan kategori baik, dan kemampuan representasi verbal dengan kategori baik, siswa dengan tipe gaya kognitif impulsif cenderung memiliki kemampuan representasi visual dengan kategori sangat baik, kemampuan representasi simbolik dengan kategori sangat kurang, serta kemampuan representasi verbal dengan kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka beberapa saran yang dapat diajukan, diantaranya (1) model Problem Based Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa; (2) siswa dengan tipe gaya kognitif reflektif disarankan untuk memperbanyak latihan soal yang lebih bervariasi, dan siswa dengan tipe gaya kognitif impulsif disarankan untuk memperbanyak latihan soal terutama yang memuat indikator-indikator kemampuan representasi simbolik dan verbal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan representasi matematis, gaya kognitif, model Problem Based Learning |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 30 Apr 2020 17:11 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 17:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36053 |
Actions (login required)
View Item |